Desa Adat Imbau Warga Tak Ikut Demo

0
17
Desa Adat Imbau Warga Tak Ikut Demo
PENGAMANAN - Situasi di Jl. Sudirman, tepatnya di depan Kampus Universitas Udayana, Kamis (22/10/2020) siang. Petugas nampak melakukan pengamanan cukup ketat menyusul rencana aksi demo menolak UU Cipta Kerja.

Denpasar, DenPost

Keterlibatan pecalang dalam mendukung pengamanan demonstrasi menjadi simbol kehadiran desa adat dalam mencegah aksi anarki melalui demo. Selain mengerahkan pecalang, desa adat juga mengimbau warga agar tidak terprovokasi dan tidak terlibat dalam aksi demo.

Hal itu diakui Ketua Majelis Desa Adat Madya Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana. “Kemarin, kami telah mengimbau agar pecalang mengamankan wilayahnya masing-masing dari potensi anarkis,” terangnya melalui saluran telepon.

Baca juga :  Akhirnya Ditangkap, Perampok Berpistol SPBU di Jalan Pelabuhan Benoa

Kata dia, khususnya bagi wilayah desa adat yang menjadi titik kumpul massa, dia mengimbau agar pecalang bersiaga. Sedangkan desa adat lainnya dapat memberi dukungan personel.

Imbauan agar warga tidak mengikuti demo juga dilakukan prajuru Desa Adat Peguyangan. Penyarikan Desa Adat Peguyangan, I Made Merta, mengatakan, imbauan agar warga tidak ikut demo itu berdasarkan arahan Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Kota Denpasar. “Ini dilakukan untuk mencegah potensi gangguan keamanan,” katanya.

Baca juga :  Tri Nugraha Tembak Diri dengan Pistol

Pihaknya juga telah mengirimkan lima personel pecalang untuk berpartisipasi mendukung pengamanan aksi. Mereka bertugas menginformasikan perkembangan yang terjadi di lapangan dan memantau perkembangan situasi di desa adat masing-masing.

Terhadap upaya tersebut, Sudiana mengapresiasi para bendesa adat yang merespons secara cepat imbauan tersebut. Melalui arahan itu, dia mengajak masyarakat agar jernih menyikapi situasi. Selain mencegah aksi anarkis, arahan itu bertujuan mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 di Denpasar.

Baca juga :  Senin, Bus Teman Kita Diluncurkan di Denpasar

Ketua Pasikian Pecalang Provinsi Bali, Jro I Made Mudra, turut mengapresiasi arahan desa adat yang mengajak masyarakat agar tidak ikut demo. Dia berharap agar imbauan itu dapat diikuti oleh warga. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini