Survei “Si Poleng Ngayah” Polres Buleleng, Undiksha Berikan Ini

0
5
Picsart 10 22 08.00.37
KETERANGAN PERS - Rektor Undiksha, Prof. Nyoman Jampel, didampingi Kapolres Buleleng, AKBP Made Sinar Subawa, saat memberikan keterangan pers.

Singaraja, Denpost

Salah satu program pelayanan yang ditonjolkan Polres Buleleng, yakni “Si Poleng Ngayah” (Saya Ini Polisi Buleleng Ngayah) melakukan pelayanan terhadap layanan perpanjangan SIM C dan A, penerbitan SKCK ( Surat Keterangan Catatan Kepolisian ), penerbitan sidik jari, perpanjangan STNK dan penerimaan laporan pengaduan kehilangan barang.

Program Si Poleng Ngayah ini sudah dilakukan sejak, Juli 2020 yang turun langsung ke desa-desa di setiap kecamatan dan melayani masyarakat. Untuk mengetahui apakah kehadiran Si Poleng Ngayah di tengah-tengah masyarakat dapat diterima atau tidak, Polres Buleleng bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Ganesha melakukan survei terhadap pelayanan ini.

Baca juga :  Digrebeg, Judi Sabung Ayam Celuk Buluh

Pada, Kamis (22/10/2020), di Ruang Command Center Polres Buleleng, tim survei dari Undiksha Singaraja yang dipinpim Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., memaparkan hasil survei di hadapan Kapolres Buleleng, AKBP I Made Sinar Subawa, S.I.K.,M.H., yang didampingi pejabat utama Polres Buleleng dan kapolsek.

Tim survei dari Undiksha menyatakan, pedoman survei yang dilakukan merujuk pada Peraturan Menpan-RB Nomor 14 tahun 2017 tentang pedoman survei kepuasan masyarakat unit penyelenggara pelayanan publik. “Salah satu indikator tata kelola pemerintahan yang baik ( Good Governance) adalah hasil survie IKM (Indek Kepuasan Masyarakat), sehingga untuk itu dilakukan survie IKM terhadap Si Poleng Ngayah,” ucap Rektor Jampel.

Baca juga :  Di Buleleng, Satu Pasien Pasien Covid-19 Meninggal

“Survie lapangan yang didahului dengan persiapan, pelaksanaan, pengolahan dan analisis data dan pelaporan,” imbuhnya.
Jumlah masyarakat yang dilakukan survei adalah masyarakat yang menerima layanan Si Poleng Ngayah, dengan lokasi seluruh wilayah kabupaten Buleleng dengan jumlah responden sebanyak 531 dan tingkat akurasi sampel 85 % (mengacu rumus Slovin).

Kesan masyarakat terhadap pelayanan Si Poleng Ngayah disampaikan yang pertama pelayanan sangat bagus, baik persyaratan maupun kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan, kedua program yang sangat tepat dilakukan pada masa pandemi seperti ini dan ketiga sangat membantu masyarakat yang jauh dari kota, sehingga tidak harus ke polres untuk mengurus administrasi.

Baca juga :  Kasus Setubuhi Siswi SMP Jadi 11 Tersangka

Atas pemaparan itu, Kapolres Buleleng menyampaikan karena hasil survie yang dilaksanakan tim Undiksha mendapatkan nilai sangat baik, tentu program Si Poleng Ngayah ini akan dilanjutkan dan kedepannya akan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan agar dalam pelayanan Si Poleng Ngayah menjadi lebih baik. “Polres Buleleng mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam pelaksanaan survie yang telah dilakukan tim Undikhsa,” ucapnya. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini