Bendesa Agung Apresiasi Adaptasi Pecalang Amankan Wilayah

0
5
Bendesa Agung Apresiasi Adaptasi Pecalang Amankan Wilayah
PECALANG - Pecalang turut mengamankan aksi demonstrasi pada Kamis (22/10/2020) di depan Kampus Universitas Udayana, Jl. Sudirman, Denpasar.

Denpasar, DenPost

Turut dalam pengamanan aksi demonstrasi pada Kamis (22/10/2020) di depan Kampus Universitas Udayana, Jl. Sudirman, Denpasar, pecalang dinilai dapat segera beradaptasi dengan tantangan keamanan di Bali. Hal itu diapresiasi Bendesa Agung, Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet.

Melalui siaran pers Jumat (23/10/2020), dia meyakini bahwa pecalang dapat bersinergi bersama aparat keamanan. Kehadiran unsur adat, kata dia, akan menampilkan nuansa yang  berbeda dalam upaya cipta kondisi keamanan dan ketertiban seperti pengamanan demo agar tak berlangsung anarkis.

Baca juga :  WNA Distop Nyeberang ke Nusa Penida

“MDA bersama Pasikian Pecalang Bali akan menjaga Bali tanpa syarat, artinya seluruh pecalang Bali siap bersinergi pade baret (saling menguatkan) bersama dengan aparat hukum serta elemen masyarakat lain,” tegas pria yang juga Ketua FKUB Provinsi Bali ini.

Dia juga mengapresiasi dedikasi para personel pecalang yang siaga sejak pagi hingga massa bubar pada pukul 17.00 wita. Dalam aksi penolakan pengesahan UU Cipta Kerja itu, personel pecalang yang dikerahkan mencapai 437. Mereka terdiri dari pecalang yang tersebar di wilayah Sarbagita.

Baca juga :  Tempat Usaha Kerupuk Dilalap Api, Pemiliknya Alami Luka Bakar

Ketua Pasikian Pecalang Provinsi Bali, Jro I Made Mudra, menyebutkan, keterlibatan pecalang itu berdasarkan permintaan dari Kepolisian Daerah Bali Nomor B/7008/X/OPS.4.5/2020/Ditbinmas yang ditujukan kepada Bendesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali.

“Ini sebuah sinergitas formal untuk mewujudkan pola pengamanan terpadu berbasis kearifan lokal dan adat Bali. Pasikian Pecalang Bali yang terdiri atas pecalang desa adat dan prajuru Pasikian Pecalang MDA Provinsi Bali demikian bersemangat dan kompak saat bertugas,” tandasnya. (106)

Baca juga :  Kepengurusan Golkar Badung Rontok, Kader Akui Akan Tetap Gunakan Hak Pilih

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini