Salak Macang Jadi Simbol Kelestarian Iklim, Desa Macang Terima Ini

0
5
Picsart 10 25 07.21.44
TERIMA PENGHARGAAN - Kepala Desa Macang, bersama Pjs. Bupati dan Kadis DLH Karangasem saat menerima penghargaan secara virtual, Jumat (23/10/2020).

Amlapura,DenPost

Kelestarian varietas Salak Macang yang hanya dapat hidup bila kondisi lingkungan dan geografis tetap terjaga, menjadikan bukti Desa Macang, Kecamatan Bebandem Karangasem konstiten menjaga ekosistem alam desa. Hal ini, menjadi salah satu indikator penilaian yang membuat Desa Macang menjadi desa satu-satunya di Bali menerima tropi penghargaan utama Kampung lklim (Proklim) dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Jumat (23/10/2020).

Pemberian penghargaan berlangsung secara virtual. Diterima langsung Pejabat Sementara Bupati Karangasem, I Wayan Serinah, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem dan Kepada Desa Macang, Putu Dewi Suryanti.

Baca juga :  Pelabuhan Padang Bai Sepi, Hanya Beberapa Truk yang Nyeberang

Tak hanya mampu menjaga kondisi iklim, yang berdampak pada kelestarian Salak Macang, Desa Macang juga berhasil melakukan upaya dalam mengatasi kekeringan dengan memberdayakan kincir air untuk suplai air bersih masyarakat.

Kepala Desa Macang, Putu Dewi Suryanti mengungkapkan keberhasilannya dalam meraih tropi utama ini tak membuatnya berpuas diri. Ia menuturkan untuk tetap mempertahankan penghargaan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya baru. “Sesuai dengan hasil musrenbang dengan penggunakan prioritas dana desa, kami akan membangun pengelolaan tempat sampah. Nantinya tanah tempat pengolahan sampah dihibahkan oleh desa adat, karena desa dinas dan desa adat bersinergi dan berkomitmen untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Upaya tersebut tak hanya baik bagi lingkungan juga mampu mendukung desa wisata di
Desa Macang,” kata Suryanti.

Baca juga :  Di Karangasem, Ratusan Pekerja Dirumahkan

Sementara Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Dr. Ir. Ruandha Agung mengungkapkan Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup. Program ini bertujuan mendorong masyarakat dengan memberi apresiasi untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini