Kegiatan Tim Paslon Tak Taat Prokes, Bawaslu Awasi Lewat Pokja

0
4
Kegiatan Tim Paslon Tak Taat Prokes, Bawaslu Awasi Lewat Pokja
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karangasem, Putu Gede Suastrawan

Amlapura, DenPost

Pengawasan kampanye pasangan calon (paslon) dalam Pilkada Karangasem terus dilakukan. Khususnya pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan. Bahkan tak hanya dalam kampanye terjadwal, pengawasan saat acara di luar kampanye terjadwal terkait paslon juga mendapat pengawasan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karangasem, Putu Gede Suastrawan. “Untuk kegiatan di luar kampanye kita koordinasikan dalam pokja,” ungkapnya. Bawaslu menegaskan bahwa dalam pengawasan protokol kesehatan tak hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu, melainkan ada kelompok khusus yang mendapat tanggung jawab penuh. “Pokja terdiri dari gugus tugas, Satpol PP,  Kepolisian, TNI dan Jaksa,” imbuhnya saat di wawancarai  Jumat (30/10/2020).

Baca juga :  Desa Amerta Bhuana Tanggung Sembako Warga yang Dikarantina

Terkait maraknya tersebar foto-foto dan video kegiatan tim kampanye pasangan calon di luar kampanye terjadwal di media sosial,  Suastrawan memberi tanggapan. Ia menilai mestinya hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak. Ia memberi peringatan, terhadap kedua paslon bila sampai benar  terjadi, Bawaslu memiliki hak untuk memberi sanksi.  “Yang jelas, kalau terjadi pelanggaran dalam kegiatan kampanye, Bawaslu bisa melakukan tindakan sampai pada pembubaran,” ujarnya.

Baca juga :  Serinah Minta Ruang Kosong MPP Dimanfaatkan

Dihimpun dari informasi di lapangan, di media sosial, bahkan di akun yang bernamakan tim pemenang paslon memposting kerumunan simpatisan tanpa menerapkan protokol kesehatan, menyanyikan yel-yel kemenangan salah satu paslon. Hal tersebut banyak mengundang keprihatian netizen di tengah pandemi Covid-19. Netizen juga mempertanyakan tindakan Bawaslu terhadap hal tersebut. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini