Sambil Mengedukasi IRT Cegah Covid-19, Gde Agung Juga Lakukan Ini

0
3
Sambil Mengedukasi IRT Cegah Covid-19, Gde Agung Juga Lakukan Ini
SERAHKAN SEMBAKO - AA Gde Agung saat menyerahkan paket sembako kepada IRT dan anak, Jumat (30/10/2020). Ini merupakan sinergitas DPD RI bersama TNI dalam penanganan dampak Covid-19.

Mengwi, DenPost

Penularan Covid-19 di lingkungan rumah tangga sempat menjadi konsentrasi Pemerintah Provinsi Bali dalam menangani pandemi. Klaster itu terjadi lantaran banyak masyarakat tetap beraktivitas, salah satunya bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokok. Kondisi dilematis ini juga diakui tokoh Puri Mengwi, AA Gde Agung.

Anggota Komisi III DPD RI Dapil Bali ini menyebutkan, solusi dari persoalan itu adalah masyarakat harus taat menerapkan protokol kesehatan (prokes). Dalam penerapannya, dia memandang Ibu Rumah Tangga (IRT) berperan strategis. Itu ia katakan saat menyalurkan sembako, Jumat (30/10/2020), di Wantilan Pura Dalem Mengwi.

Baca juga :  5.279 KPM di Badung Berhak Menerima Kartu Sembako

IRT, kata dia, diharapkan menjadi agen perubahan perilaku anggota keluarga untuk mencegah penularan Covid-19 dengan membiasakan penerapan prokes. “Bagaimanapun juga pandemi ini memengaruhi kemampuan keluarga untuk memenuhi kebutuhan pokok. Maka kami sumbang sembako sebanyak 125 paket,” ujarnya.

100 paket diberikan kepada ibu dan anak se-Kecamatan Mengwi, dan 25 paket kepada aparat Desa Adat selaku Satgas Gotong Royong. Kata dia, kegiatan ini merupakan bagian dari program reses Komisi III DPD RI yang salah satunya membidangi ibu dan anak, yang bersinergi bersama Kodam IX/ Udayana dan Polda Bali.

Baca juga :  Suiasa Ingatkan Pembatasan Mobilitas Kunci Cegah Penyebaran Covid-19

Melalui kegiatan ini, dia ingin menghadirkan rasa empati dengan nuansa yang sejuk, edukatif dan berupaya nyata untuk meringankan beban warga.

Sinergi itu diapresiasi oleh Dandim 1611/ Badung, Kolonel Inf. Made Alit Yudana. Dalam menangani pandemi, menurutnya sinergi harus dibangun secara masif.

“Ini bertujuan untuk mewujudkan niat baik untuk meringankan beban masyarakat, sehingga berdampak Baik. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat,” harap Alit Yudana. Dia menyadari bahwa keterpurukan ekonomi akibat pandemi tak bisa dihindari. Namun, dia mengajak semua pihak tetap semangat dan optimis.

Baca juga :  Usai Amankan Demo, Puluhan Polisi Jalani Rapid Test

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 80 warga se-Kecamatan Mengwi. Mereka diberikan edukasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan, serta menjaga kesehatan dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu, kesehatan dan kebutuhan pokok dapat dipenuhi saat pandemi. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini