Jaga Kestabilan Harga Rumput Laut di Nusa Penida, Pemkab Klungkung Gandeng Koperasi

0
7
Jaga Kestabilan Harga Rumput Laut di Nusa Penida, Pemkab Klungkung Gandeng Koperasi
RUMPUT LAUT - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, memimpin sosialisasi terkait rencana penjualan rumput laut dari petani ke perusahaan melalui koperasi di SDN 2 Lembongan, Kamis, (29/10/2020).

Semarapura, DenPost

Puluhan petani rumput laut di Desa Lembongan, Nusa Penida, Klungkung mengikuti sosialisasi terkait rencana penjualan rumput laut dari petani ke perusahaan melalui koperasi. Sosialisasi ini merupakan lanjutan dari kerjasama antara Pemkab Klungkung dengan PT. Indonusa Algaemas Prima selaku pembeli rumput laut Nusa Penida. Sosialisasi dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dipimpin Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, di SDN 2 Lembongan, Kamis (29/10/2020).

Di hadapan para petani rumput laut, Suwirta menyampaikan kalau langkah ini sebagai upaya Pemkab Klungkung dalam meningkatkan pemasaran dan menjaga kestabilan harga rumput laut, sehingga berdampak pada pendapatan dan kesejahteraan petani rumput laut. Apalagi dari informasi yang diperoleh di lapangan, di Kecamatan Nusa Penida saat ini sudah ada sekitar 600 orang warga yang menggeluti budidaya rumput laut.

Baca juga :  Kabalitbang Kemendagri Kunjungi Balitbang Badung

Didampingi  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Wayan Durma dan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Wayan Ardiasa, Suwirta mengatakan, sosialisasi ini untuk menyampaikan kepada para petani rumput laut bahwa dalam pemasaran atau penjualan rumput laut nanti akan dilakukan oleh koperasi. Para petani masuk ke dalam wadah koperasi dan koperasi nantinya akan menyalurkan kepada perusahaan. Dengan begitu para petani juga akan menerima SHU sesuai perhitungan yang dinikmati setiap tahun.

Baca juga :  Ranperda APBDP Sah Jadi Perda, Fraksi Beri Banyak Pandangan 

Manager PT. Indonusa Algaemas Prima, AA Sri Agung Anggreni didampingi Direktur, Fandi Winyoto dan eksportir rumput laut, Ni Komang Ribek, berharap para petani rumput laut bisa menjaga kualitas rumput laut Nusa Penida. Dengan kualitas yang terjaga itu akan menjaga kestabilan harga rumput laut. (c/119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini