Kecam Pernyataan AWK, Ratusan Warga Nusa Penida Jubeli Monumen Puputan Klungkung

0
17
Picsart 11 03 11.09.48
AKSI DAMAI - Ratusan warga Nusa Penida dari berbagai elemen melaksanakan aksi damai di Monumen Puputan Klungkung, Selasa (3/11/2020).

Semarapura, DENPOST.id

Ratusan warga Nusa Penida yang tergabung dalam sejumlah elemen menggelar aksi damai di Monumen Puputan Klungkung, Selasa (3/11/2020). Massa mengecam pernyataan anggota DPD RI Dapil Bali, Arya Wedakarna (AWK) yang dianggap menyinggung masyarakat di Nusa Penida.

Pantauan di lapangan, rombongan tiba di Klungkung sekira pukul 08.20 Wita. Mereka menyeberang langsung dari Nusa Penida, dan tiba di Klungkung dengan diangkut lima truk. Dengan membawa gong baleganjur dan sejumlah spanduk berisi kecaman terhadap ucapan  AWK.

Baca juga :  Kelabakan Kepergok Bupati Suwirta dan Kapolres, Dua Remaja Terluka

Masa yang hadir merupakan perwakilan dari elemen masyarakat di Nusa Penida, mulai dari tokoh masyarakat, bendesa, perbekel, panitia pura, pecalang dan generasi muda. Orasi perwakilan massa berlangsung emosional dengan mengecam pernyataan AWK. Bahkan di antaranya menuntut agar AWK dipolisikan dan diturunkan sebagai anggota DPD RI.

“Sesuai rencana awal, kami hanya datang perwakilan saja. Kami datang dengan damai, berkaitan dengan ucapan Arya Wedakarna yang menyentuh ranah kepercayaan Nusa Penida. Pada dasarnya masyarakat Nusa Penida sangat damai, namun ada hal yang paling sensitif disentuh oleh AWK dengan ucapan arogan. Kami merasa sangat sakit dan tersinggung,” ungkap Koordinator Aksi, I Wayan Sukla, di hadapan massa.

Baca juga :  Polisi Kantongi Identitas Perampok SPBU

Dalam aksi itu, perwakilan elemen masyarakat di Nusa Penida melayangkan tiga tuntutan. Pertama mereka menyatakan mosi tidak percaya terhadap AWK. Kedua warga mendesak AWK agar diberhentikan sebagai anggota DPD RI, dan ketiga menuntut memproses hukum AWK karena sudah menghina simbol dan kepercayaan masyarakat Nusa Penida. Aspirasi tersebut kemudian diserahkan kepada Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang hadir di tengah massa. (119)

Baca juga :  Nyolong Tas di Bawah CCTV, Aksi Sopir Taksi Online Terbongkar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini