Dishub ”Back Up” Tim Yustisi Tegakan Hukum Prokes

0
7
Dishub ”Back Up” Tim Yustisi Tegakan Hukum Prokes
RAZIA PROKES – Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan bersama Kasatpol PP I Dewa Gede Anom Sayoga dan Polantas Polresta Denpasar ikut melakukan operasi penerapan disiplin dan penegakan hukum terhadap pelanggar prokes.

Ubung, DenPost

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Denpasar mem-back up Tim Yustisi Kota Denpasar menegakan hukum terhadap masyarakat yang melanggar disiplin protokol kesehetan (prokes) saat bepergian tidak memakai masker.

”Pandemi Covid-19 ini belum ada kapan akan berakhir. Kami tergabung dalam Tim Yustisi bersama Satpol PP Kota Denpasar, kepolisian dan TNI harus mengambil tindakan tegas kepada masyarakat yang tidak taat dan patuh terhadap prokes,’’ kata Kadis Perhubungan Kota Denpasar I Ketut Sriawan, S.E., didampingi Kabid Dalops I Wayan Tagel Sidarta, Jumat (6/11/2020).

Sriawan menyatakan, pihaknya tetap komit bersama tim Satgas Kota Denpasar, satgas kecamatan, satgas desa/kelurahan dan satgas lingkungan mengajak masyarakat tertib menjalankan prokes sehingga penyebaran Covid-19 ini bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Baca juga :  Walikota Denpasar Jelaskan Ranperda dengan Bahasa Bali

”Kami bersama tim terus melaksanakan razia gabungan berdasarkan data penyebaran virus corona di wilayah Kota Denpasar,’’ ujar Sriawan. Ia mengimbau masyarakat disiplin dan mematuhi prokes bila bepergian maupun di rumah. Apalagi grafik peningkatan positif Covid-19 di Denpasar terus naik seiring masih banyaknya masyarakat tidak patuh terhadap prokes.

Penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes terhadap masyarakat yang melanggar Pergub Bali No. 46/2020 dan Perwali Kota Denpasar No. 48/2020 untuk mencegah penyebaran virus corona secara masif. Operasi gabungan gencar dilakukan menyasar jalan yang ramai dilalui pemotor dan mobil serta pasar tradisional banyak pengunjung. ”Tugas kami dalam razia gabungan ini mengatur arus lalu lintas agar tidak macet dan menghentikan pemotor yang tidak memakai masker,’’ jelasnya.

Baca juga :  Awan Ini Picu Fenomena Halo Matahari

Sriawan berharap, seluruh lapisan masyarakat mematuhi prokes ini dan tetap waspada agar terhindar dari penularan virus yang sampai saat ini tidk diketahui keberadaannya. Jangan hanya mengandalkan tim saja untuk mengingatkan disiplin terhadap prokes, namun masyarakat ikut berpartisipasi dan berperan aktif menjaga kesehatan. Masyarakat menjadi ujung tombak dalam menahan laju penyebaran virus corona di Denpasar. Partisipasi masyarakat yang digerakan melalui satgas kota, satgas desa dan kelurahan sangat menentukan cepat pulihnya ekonomi.

Baca juga :  Awasi Hutan, TBBB Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Artifisial

”Kami harapkan penerapan disiplin dan penegakan hukum terhadap pelanggar prokes dapat menjaga produktivitas perekonomian di Denpasar sehingga usaha kembali berjalan normal. Namun standar prokes wajib diikuti dan dipatuhi. Tidak hanya masalah urusan teknis dan bagaimana bisa menjaga Tri Hita Karana sebagai konsep landasan menghadapi pandemi Covid-19 ini,’’ paparnya. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini