TOSS Center Klungkung Dikunjungi Pemkab Ini

0
5
Picsart 11 06 06.57.09
TUKAR CINDERAMATA - Sekda Klungkung, Gede Putu Winastra, saat tukar cinderamata dengan Plt. Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib, Jumat (6/11/2020).

Semarapura, DENPOST.id

Program inovasi Pemkab Klungkung di bidang penanganan sampah terintegrasi, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) yang digagas Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta terus menarik perhatian banyak pihak. Kali ini, program TOSS ini dikunjungi Pemerintah Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rombongan yang dipimpin Plt. Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib ini disambut Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, bersama Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Anak Agung Ngurah Kirana, di TOSS Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Jumat (6/11/2020).

Baca juga :  Suwirta Ciptakan Inovasi Gema Tansaplas

Mewakili Bupati Suwirta, Sekda Winastra dalam sambutannya mengatakan kalau program TOSS merupakan bentuk komitmen Pemkab Klungkung dalam menjaga pelestarian lingkungan. Salah satu produk unggulan dari TOSS adalah produksi sampah menjadi pellet dan briket sebagai sumber energi terbarukan yang dibuat dari fermentasi cacahan sampah organik dan anorganik.

Untuk mengolah sampah menjadi pellet, Pemkab Klungkung bekerjasama dengan Indonesia Power dan PLN untuk program waste to energy, yakni briket sebagai sumber energi bio massa karena sampah organik paling dominan tiap hari.

Baca juga :  Upah Tenaga Kontrak di Klungkung Tak Jadi Dipangkas

“Program TOSS ini juga berhasil masuk dalam TOP 99 dan TOP 40 inovasi pelayanan publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) tahun 2018. Mudah-mudahan kedepan mampu menjadi tempat percontohan pengolahan sampah,” ujar Sekda Winastra.

Plt. Bupati Kabupaten Barru, Nasruddin Abdul Muttalib mengatakan kalau wilayahnya yang subur, menjadikan Kabupaten Barru memiliki potensi dan kekayaan alam yang melimpah. Di antaranya adalah sektor industri, pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan kerajinan yang banyak menghasilkan sampah organik yang ingin diolah menjadi sumber energi bio massa. Dirinya mengaku sangat tertarik dengan program TOSS dan ingin dikembangkan di Kabupaten Barru. (119)

Baca juga :  Sambut New Normal, Klungkung Utamakan Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini