Populasi Burung Curik Bali Meningkat, Pengawasan Gunakan Ini

0
5
Picsart 11 06 06.57.41
BURUNG CURIK - Populasi burung Curik Bali kini terus mengalami peningkatan, khususnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Negara, DENPOST.id

Populasi burung Curik Bali kini terus mengalami peningkatan, khususnya di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Konservasi Curik Bali yang menjadi burung khas pulau dewata dan spesies endemis di Bali barat terus dilakukan.

Namun pengawasan burung cantik ini tidaklah mudah. Selain wilayahnya yang luas di hutan, ancaman alam dan aktivitas ilegal masih berpotensi mengurangi populasi. Selain mengandalkan pengawasan secara manual dari petugas, pengawasan di TNBB rencananya juga akan memanfaatkan kecerdasan artifisial atau AI memanfaatkan teknologi.

Baca juga :  Jembrana Salurkan Bantuan JPS Tahap II

Kepala Balai Taman Nasional Bali Barat, Agus Ngurah Kresna, Jumat (6/11/2020) mengatakan dengan memanfaatkan teknologi diharapkan dapat langsung memantau perekaman data melalui suara untuk dapat membuat data yang lengkap mengenai aktivitas hutan, termasuk fauna yang menghuni di hutan tersebut.

TNBB rencananya akan menjadi pilot project pengawasan hutan dengan kecerdasan artifisial yang digagas dari lintas kementerian. Pengawasan menggunakan teknologi AI guna melindungi hutan dari pembalakan dan perburuan liar, serta upaya konservasi alam termasuk salah satunya di TNBB.

Baca juga :  Kantor BPKAD Jembrana Ditutup

Sebelum diterapkannya AI ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KHLK) RI juga telah memanfaatkan teknologi untuk pengawasan satwa. Seperti Camera Trap dan GPS Collar untuk memantau Gajah Sumatera. AI (artificial intelligence) yang akan dikembangkan saat ini, dimanfaatkan untuk mendeteksi suara yang berada di hutan. Deteksi suara ini juga dapat memperkaya sistem guna memantau satwa di Indonesia. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini