Operasi Lempuyang Agung Berakhir, Ribuan Pelanggar Lalin Tak Ditilang

0
5
Picsart 11 08 05.33.13
OPERASI SIMPATIK - Sejumlah anggota Polantas menggelar Operasi Lempuyang Agung 2020, secara simpatik.

Denpasar, DENPOST.id

Perekonomian Bali lumpuh setelah virus corona mewabah. Sebagian besar masyarakat yang hidup dari pariwisata kehilangan pekerjaan. Hal itu menjadi salah satu alasan polisi mengapa Operasi Lempuyang Agung 2020 yang digelar sejak, 26 Oktober 2020, tanpa tilang dan sanksi administrasi.

Dirlantas Polda Bali, Kombes Indra mengatakan selama 14 hari Operasi Lempuyang Agung 2020 digelar, jajarannya sama sekali tidak memberlakukan tilang bagi pelanggar lalu lintas (lalin) dan diganti dengan kegiatan simpatik, sosialisasi penerapan protokol kesehatan (Prokes), pembagian masker dan teguran lisan. “Tidak ada tilang atau denda bagi pelanggar lalu lintas atau pengendara tak memakai masker. Kami hanya mengingatkan dengan menegur para pelanggar. Yang lupa membawa masker, mereka diberikan masker,” ucapnya, usai menutup kegiatan Operasi Lempuyang Agung 2020 di Jalan By-pass Ngurah Rai atau depan Desa Budaya Kertalangu, Kesiman, Dentim, Minggu (8/11/2020).

Baca juga :  Tahap II, 13.829 UMKM Ajukan Permohonan Banpres Produktif

Menurutnya, meski tak melakukan tilang dan denda adiminstrasi, namun dalam operasi yang digelar selama dua pekan ini juga menjaring hampir 15 ribu pelanggar lalu lintas. Mulai dari tidak memakai helm, tanpa kelengkapan surat-surat, melanggar marka jalan dan pengendara di bawah umur. “Sebagian besar tak memakai helm dan pelanggaran itu dilakukan oleh anak-anak. Seperti yang saya sampaikan tadi, mereka hanya mendapatkan teguran bukan tilang,” bebernya, seraya mengatakan jika dalam operasi terakhir ini pihaknya juga membagikan puluhan sembako ke petugas pembersih jalan, buruh turun pasir dan warga terdampak, serta membagikan sanitizer dan masker ke pengendara.

Baca juga :  Pengidap Covid-19 Bertambah, Sepasang Pasutri, Satu Warga Bali

Sementara di tempat lain, yakni di parkir timur Lapangan Puputan Badung, jajaran Sat. Lantas Polresta Denpasar menutup Operasi Lempuyang Agung 2020 dengan kegiatan serupa, yakni membagikan makanan gratis, kopi dan masker bagi masyarakat, serta driver ojek online.

Kapolresta Denpasar, Kombes Janson Avitus Panjaitan mengungkapkan selama operasi digelar pihaknya membagikan 10 ribu masker ke para pengendara. “Berdasarkan perintah pimpinan, operasi kali ini anggota Polantas tidak memperlakukan tilang. Meski demikian, kami berharap masyarakat tetap patuh dengan rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama,” tegasnya. (124)

Baca juga :  Ketahui Dampak Covid-19 Terhadap Anak, KPPAD Sebar Kuisioner Perdana

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini