Debat Kedua, KPU Badung Tak Ubah Standar Prokes

0
8
Picsart 11 08 05.40.21
Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta.

Mangupura, DENPOST.id

Pelaksanaan debat publik kedua calon tunggal yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung tinggal sehari lagi. Sejumlah persiapan telah dilakukan KPU Badung. Bahkan dalam debat publik kali kedua ini, pihak penyelenggara tidak akan melakukan perubahan dalam standarisasi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, saat melaksanakan kegiatan debat tersebut.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, Minggu (8/11/2020). “Sesuai dengan peraturan KPU tentang Kampanye, di mana dalam debat terbuka hanya dihadiri oleh pasangan calon dan empat orang tim kampanye saja. Selain itu, dihadiri pula komisioner KPU dan Bawaslu. Tidak ada pendukung yang masuk,’’ kata Semara Cipta.

Baca juga :  Hampir Sebulan Diburu, Penebas WNA Bulgaria Masih Misterius

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Kayun ini juga menjelaskan, materi dan tema untuk debat kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. “Materi dan tema berbeda dari debat yang lalu. Panelis juga berbeda sesuai tema yang ada. Untuk debat kedua ini, tema yang diusung adalah penyelarasan pembangunan Kabupaten Badung dengan nasional dalam bingkai NKRI,” terangnya, sembari mengatakan untuk lokasi debat masih sama dengan yang dulu di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

Baca juga :  Razia Prokes Jaring 14 Pelanggar di Jimbaran

Selain itu, Kayun juga menjelaskan KPU Kabupaten Badung juga tengah memroses pencetakan surat suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Badung, 9 Desember 2020. Jumlah surat suara yang bakal dicetak sebanyak 372.493 surat suara. “Surat suara yang akan dicetak sejumlah DPT ditambah 2,5 persen jumlah DPT per TPS. Ditambah surat suara cadangan sebanyak 2 ribu. Sehingga totalnya menjadi 374.483 surat suara,” ungkap pejabat asal Banjar Cabe, Desa Darmasaba tersebut.

Saat ini pencetakan surat suara tengah berproses. “Untuk pemenang tendernya di Surabaya, sehingga pencetakannya kemungkinan di sana,” imbuhnya.

Baca juga :  Perampok Bersenjata Golok Ditembak Polisi

Untuk diketahui, persetujuan desain surat suara dan template (alat bantu) coblos tunanetra dengan satu paslon dalam Pemilihan Bupati Badung dan Wakil Bupati Badung, 9 Desember 2020 telah final. Bahkan, KPU Badung selaku penyelenggara telah mengundang paslon untuk proses penandantangan persetujuan, Minggu (11/10/2020). Proses penandatanganan surat suara dan template untuk pemilih disabilitas ini, dilakukan dalam rangka memastikan persetujuan dari paslon yang nantinya akan dicetak. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini