Dua Pekan Operasi Lempuyang, 394 Pelanggar Ditegur

0
2
Dua Pekan Operasi Lempuyang, 394 Pelanggar Ditegur
TEGURAN LISAN - Petugas saat memberikan teguran lisan pada pelanggar lalin dalam rangka Operasi Lempuyang Agung 2020 di Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Selama dua pekan Operasi Lempuyang Agung 2020 berlangsung serentak, tak terkecuali di Kabupaten Bangli. Selama itu, jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bangli menindak 394 pelanggar.

Penindakan terhadap pelanggar dalam operasi kali ini sedikit berbeda dengan operasi sejenis sebelum-sebelumnya. Selain kegiatan dan razia memberlakukan protokol kesehatan (prokes), para pelanggar ini satu pun tak ada diberikan sanksi tilang sebagaimana biasanya. Petugas lebih banyak menerapkan sanksi fisik seperti push-up, jongkok bangun, menyanyikan lagu Indonesia Raya atau menghafal Pancasila serta sanksi teguran lisan.

Baca juga :  Pascarapid Test, 8 OTG di Serokadan, Bangli Positif

 

“Kami tak menerapkan tilang pada semua pelanggar. Kami mengedepankan preventif dan edukasi kepada masyarakat dari pada penindakan,”kata Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, Senin (9/11/2020).

Menurut Dhana Aryawan, operasi ini menitikberatkan pada para pengendara nakal, yang melakukan pelanggaran. Seperti pengedara melawan arus, pengendara di bawah umur, tak melengkapi dengan surat-surat berkendara dan tidak menggunakan helm, tak menggunakan sabuk pengaman (roda empat atau lebih), tak mengenakan masker, dan jenis pelanggaran lalu lintas lainnya.

Baca juga :  Diduga Salah Faham, Seorang ABG Dikeroyok

Hal tersebut bertujuan untuk mendisiplinkan para pengemudi kendaraan bermotor pada situasi adaptasi kebiasaan baru di tengah wabah covid-19 dengan memperhatikan protokol kesehatan. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini