Pelanggaran Prokes Berfluktuasi, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin

0
5
Pelanggaran Prokes Berfluktuasi, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin
DIBINA – Satpol PP Kota Denpasar membina salah seorang warga yang terjaring razia prokes karena salah memakai masker, Senin (9/11/2020).

Pemecutan Kelod, DenPost

Jumlah masyarakat yang terjaring dalam razia gabungan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan (prokes) tidak menentu. Hal itu dikatakan Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga. Dikatakannya, dalam sekali razia jumlah pelanggar bisa mencapai puluhan, namun di lain waktu bisa di bawah 10 orang, bahkan pernah hanya menjaring satu orang pelanggar.

Meski kesadaran masyarakat menaati prokes mulai meningkat, namun razia tak kendur. Senin (9/11/2020), razia gabungan kembali digelar. Kali ini menyasar Jalan Gunung Soputan, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat. Dalam razia ini, petugas hanya menjaring 7 orang pelanggar, empat orang pemotor tanpa memakai di antaranya didenda masing-masing Rp 100 ribu dan tiga orang dibina karena salah memakai masker.

Baca juga :  Kisah Emalia Mawar, Pasien Covid-19 yang Jalani Perawatan Terlama dan Akhirnya Sembuh

”Penindakan terhadap masyarakat yang tidak mematuhi prokes tetap berlanjut dalam razia gabungan bersama Dishub, TNI, Polri dan instansi terkait lainnya. Namun hasilnya fluktuatif,  kadang banyak masyarakat terjaring tanpa masker, kadang sedikit,’’ kata Anom Sayoga.

Anom Sayoga menegaskan, apa yang dilakukan pemerintah adalah untuk menjaga kesahatan masyarakat. ”Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut bersama-sama mencegah penyebaran virus corona. Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, kami bersama tim tidak bisa berbuat banyak karena kemampuan sangat terbatas,’’ katanya.

Baca juga :  2 Pasien Covid-19 Meninggal di Denpasar

Anom Sayoga menambahkan, razia gabungan penerapan disiplin dan penegakan hukum prokes yang dilaksanakan dari 7 September hingga Senin (9/11) ini sudah meraup uang denda sebesar Rp 35.400.000. Sementara masyarakat yang dibina salah memakai masker sebanyak 127 orang. (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini