Selaraskan Syarat Penerima Hibah Pariwisata, Lihadnyana Minta Petunjuk Pusat

0
8
Selaraskan Syarat Penerima Hibah Pariwisata, Lihadnyana Minta  Petunjuk Pusat
TEMUI MENTERI - Pjs. Bupati Badung, Ketut Lihadnyana, bersama Sekda Adi Arnawa saat menemui Menparekraf Wishnutama, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (4/11/2020).

Mangupura, DENPOST.id

Guna menyelaraskan syarat para pelaku pariwisata agar bisa mendapatkan dana hibah pariwisata di Kabupaten Badung, Pjs. Bupati Badung, Ketut Lihadnyana, meminta petunjuk Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam kesempatan itu, Lihadnyana didampingi Sekretaris Daerah Badung, I Wayan Adi Arnawa; Asisten III sekaligus Plt. Kadisparda Cok Raka Darmawan serta Inspektur Kabupaten Badung, Luh Suryaniti. Rombongan diterima langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rabu (4/11/2020).

Wishnutama menyambut baik kedatangan Lihadnyana beserta rombongan untuk meminta agar pengawasan, pelaksanaan dan pelaporan pemberian stimulus hibah dana pariwisata ini dapat dilaksanakan dengan baik. Stimulus ini untuk membantu membangkitkan perekonomian Badung dan Bali pada umumnya.

Baca juga :  Pohon Tumbang Robohkan Bangunan dan Tutup Jalan di Badung

Usai pertemuan, Lihadnyana mengatakan ada beberapa hal positif yang didapat setelah bertemu dengan Menparekraf. Di antaranya masalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP), di mana pada saat itu sudah akan dilakukan penegasan kembali atas TDUP yang masih berlaku. “Ddengan adanya penegasan semacam ini, kita di daerah dapat memaksimalkan penyerapan dana hibah stimulus pariwisata ini,” katanya.

Berikutnya berkaitan dengan operasional hotel dan restoran, Lihadnyana menyampaikan bahwa  mempertimbangkan pandemi covid-19, ada Surat Edaran dari Pemerintah Provinsi Bali untuk menutup kawasan wisata sehingga ada usaha hotel dan restoran mengajukan permohonan tutup sementara. Terkait hal ini, maka jalan keluarnya adalah dimohonkan kepada Menteri dan para deputi agar ini bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di Bali, sehingga memungkinkan bagi mereka mendapatkan stimulus dana hibah pariwisata ini.

Baca juga :  Soal Penerapan Pergub 46/2020, Kadisparda Sambangi Ini

“Kalau dua hal itu dalam satu atau dua hari ini sudah ada jawaban, maka kita di Pemkab Badung akan memaksimalkan penyerapan anggaran khususnya bagi hotel dan restoran sehingga secepatnya dunia pariwisata bisa recovery, ekonomi masyarakat bisa bangkit,” katanya.

Terkait dengan hasil verifikasi calon penerima dana hibah pariwisata, sampai saat ini ada sebanyak 713 hotel dan 212 retoran yang memenuhi syarat untuk mendapatkan dana stimulus ini. (a/115)

Baca juga :  Sisihkan Gaji bersama Anggota, Gede Dana Bagikan 6000 Masker

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini