30 Jenazah Telantar Dikremasi di Mumbul

0
9
30 Jenazah Telantar Dikremasi di Mumbul
KREMASI - Proses kremasi jenazah telantar di Krematorium Taman Mumbul.

Sanglah, DENPOST.id

Sepanjang tahun 2017 hingga 2020, RSUP Sanglah menampung 30 jenazah telantar. Pada Senin (9/11/2020), jenazah yang terdiri dari jenazah orok dan kerangka manusia dikremasi di Krematorium Taman Mumbul, Nusa Dua, Badung. Langkah ini merupakan sinergi antara RSUP Sanglah dan Dinas Sosial Provinsi Bali.

Direktur Perencanaan Operasional dan Umum RSUP Sanglah, dr. Ni Luh Dharma Kerti Natih, menyebutkan, program ini berlangsung hampir setiap tahun. Kata dia, kremasi dilaksanakan setelah semua jenazah mendapat pembebasan dari polisi dan Dinas Sosial.

Baca juga :  Perawatan PDP dan Pasien Positif Bakal Dipusatkan di Unud

“Ini bentuk pelayanan holistik RSUP Sanglah dalam memberikan pelayanan yang paripurna pada masyarakat. Konsep Tri Kona dalam Hindu terimplementasi nyata di RSUP Sanglah. Mulai merawat dari lahir,  anak-0anak,  remaja,  dewasa sampai meninggal dunia dirawat di RSUP Sanglah,” paparnya melalui siaran pers.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada tim kremasi,  Dinas Sosial Provinsi Bali yang secara rutin setiap tahun menukung  pendanaan kremasi ini. “Demikian juga terima kasih kepada para kapolsek di wilayah Bali yang telah menerbitkan surat pembebasan jenazah yang dititipkan di Forensik RSUP Sanglah,” sambungnya.

Baca juga :  Operasi Lempuyang Agung Berakhir, Ribuan Pelanggar Lalin Tak Ditilang

Dia menyebutkan, dengan dilakukan kremasi maka RSUP Sanglah dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan jenazah di ruang forensik. Kondisi itu berkorelasi terhadap meningkatnya pelayanan perawatan dan penyimpanan jenazah tetap berjalan dengan baik. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini