Warganya Disiplin Jalankan Prokes, Desa Sakti Nyaris Nihil Kasus Covid-19

0
6
- Warganya Disiplin Jalankan Prokes, Desa Sakti Nyaris Nihil Kasus Covid-19
CUCI TANGAN - Salah seorang warga Desa Sakti, Nusa Penida, Klungkung menyuci tangan sebelum mengambil bantuan di Kantor Perbekel, belum lama ini.

Semarapura, DenPost

Warga Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung makin disiplin menjalankan  protokol kesehatan (prokes). Hal ini terlihat dari aktivitas warga sehari-hari yang selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Berkat kedisiplinan warga menerapkan prokes, Desa Sakti nyaris nihil kasus covid-19. Berdasarkan data Satgas Covid-19 Klungkung, hingga saat ini hanya ada 1 orang di Desa Sakti yang terkonfirmasi positif Covid-19. Itu pun sudah dinyatakan sembuh.

Salah seorang warga asal Banjar Senangka, Dusun Sakti, Desa Sakti, Ketut Karma, mengatakan, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sudah menjadi kewajiban dan menjadi kebiasaan.

Baca juga :  Selama Covid-19, Volume Sampah di Klungkung Turun 30 Persen

“Ini kan demi kesehatan diri sendiri, juga kesehatan orang lain, demi kesehatan bersama. Disiplin prokes adalah cara paling mudah untuk menghindari virus corona,” ujar Ketut Karma, saat ditemui di sela-sela pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kantor Desa Sakti, beberapa waktu lalu.

 

Menurut Karma, mengubah kebiasaan untuk tertib protokol kesehatan awalnya memang sulit. Tapi karena sosialisasi rutin terkait prokes dari pihak desa dinas dan desa adat, masyarakat lama-kelamaan menjadi tertib.

Baca juga :  Mancing, Seorang Warga Sakti Jatuh dari Tebing

Sekretaris Desa (Sekdes) Sakti, Nyoman Darma, mengatakan, sejak pemerintah mengimbau disiplin menerapkan prokes, pihak desa rutin melakukan pembinaan ke warga. Pendekatan secara kultural, kata dia, efektif membangun kesadaran warga untuk senantiasa menerapkan prokes.

“Dari desa juga turun membagikan masker kepada warga. Kami desa dinas berkolaborasi dengan Satgas Gotong Royong yang dibentuk desa adat. Desa adat juga memberikan bantuan masker, setiap KK diberikan bantuan masker,” ungkap Nyoman Darma.

Baca juga :  Diguyur Hujan, Tanaman Cabai di Selisihan Layu

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Urusan Umum (Kaur Umum) Desa Sakti Ketut Sudiarta. Menurutnya, pembinaan terkait prokes rutin diberikan ke warga.

“Kalau ada warga yang tidak pakai masker, langsung kami dekati dan ingatkan memakai masker. Kami juga langsung beri masker. Biasanya orangtua yang sudah lanjut usia, agak lupa ketika keluar rumah harus memakai masker,” imbuh Sudiarta. (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini