F-PDIP Minta PAD Badung Dirasionalisasi

0
11
F-PDIP Minta PAD Badung Dirasionalisasi
PEMANDANGAN UMUM - Anggota F-PDIP, Ni Komang Tri Ani, saat membacakan pandangan umum fraksinya dalam rapat paripurna, Senin (9/11/2020).

Mangupura, DENPOST.id

Upaya Pemkab Badung dalam penanggulanganan Pandemi Covid-19 mendapat apresiasi dari Fraksi PDI Perjuangan (F-PDIP) DPRD Badung. Namun demikian, fraksi tergemuk parlemen Badung ini tetap mendorong pemerintah untuk terus bekerja keras dalam hal pemulihan ekonomi di tengah terpuruknya dunia pariwisata yang notabena menjadi tulang punggung pendapatan daerah.

Berkenaan dengan RAPBD Badung 2021, F-PDIP mengaku dapat menerima rancangan tersebut. Dengan catatan, dilakukan rasionalisasi dan harmonisasi secara mendalam terhadap pendapatan asli daerah (PAD) karena kondisi ekonomi akibat pandemi covid-19.

Baca juga :  Masih Ada yang Nekat Masuk Pantai Kuta

Hal itu ditegaskan F-PDIP dalam pemandangan umumnya (PU) yang dibacakan anggota F-PDIP, Ni Komang Tri Ani, pada rapat paripurna DPRD Badung tentang lima Ranperda di Gedung Dewan, Senin (9/11/2020).

Tri Ani memaparkan, F-PDIP memberikan sejumlah saran timbang kepada pemerintah. Di antaranya agar pemerintah lebih intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat supaya  pendapatan transfer bisa ditingkatkan.

Pemungutan pajak online dengan real time juga diharapkan terus diperhatikan. “Dengan banyaknya tunggakan pajak yang belum tertagih khususnya tunggakan pajak sebelum pandemi covid-19, mohon menjadi perhatian pemerintah dan dimaksimalkan,” kata Tri Ani.

Baca juga :  Dihantam Corona, Pengusaha Travel Beralih ke Usaha Ini

Terkait penanggulangan covid-19, F-PDIP mengusulkan agar biaya rapid test digratiskan. “F-PDIP juga mendorong upaya pemerintah daerah untuk mendapatkan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari pemerintah pusat,” katanya.

Selain membahas RAPBD 2021, rapat paripurna juga menggodok empat ranperda lainnya. Ranperda itu yakni Ranperda tentang RDTR Kecamatan Kuta Utara tahun 2020 – 2040, Ranperda tentang penyertaan modal pada Perumda Air Minum Tirta Mangutama, Ranperda tentang pencegahan dan penanganan korban tindak pidana perdagangan orang dan Ranperda perubahan atas Perda 18/2018 tentang penyertaan modal daerah pada Perusahan Umum Daerah Pasar Mangu Giri Sedana. (115)

Baca juga :  Badung Ngotot Promosi ke Berlin, Ini Jawaban Disparda

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini