Puluhan Nelayan Dididik Kenali Ini

0
8
Picsart 11 09 05.31.31
IKUTI SLCN - Nelayan yang mengikuti SLCN untuk mengetahui potensi cuaca ekstrem sebelum melaut.

Kuta, DENPOST.id

Pandemi Covid-19 yang merontokkan sektor pariwisata, membuat sektor lain menjadi alternatif yang kini menjadi tumpuan masyarakat untuk bertahan. Salah satunya adalah sektor perikanan yang digeluti para nelayan yang kini semakin dilirik masyarakat. Namun, salah satu yang menjadi tantangan para nelayan selama ini adalah keberadaan cuaca ekstrem yang kerap menghantui aktivitas mereka.

Terkait hal ini, BMKG Wilayah III Denpasar menggelar edukasi kepada nelayan melalui Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN). Di sekolah ini, nelayan diedukasi tentan mengenal kondisi cuaca sebelum melaut hingga mengetahui keberadaan potensi ikan untuk ditangkap.

Baca juga :  Covid-19, Program Santunan Lansia Ikut Terdampak

Kegiatan SLCN yang akan berlangsung selama riga hari ini, dibuka Kepala BMKG Indonesia, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, Senin (9/11/2020).

Dipaparkannya, lewat SLCN ini para nelayan akan diedukasi untuk mengetahui keberadaan cuaca sebelum melaut. Hal ini juga untuk mengurangi resiko kecelakaan di laut. Bukan itu saja, nelayan juga diajari untuk mengetahui keberadan lokasi ikan di laut. Dengan begitu nelayan tidak lagi mencari ikan, namun langsung menangkap ikan karena lokasi ikan yang banyak sudah diketahui.

Baca juga :  Lantik Pengurus PAC, Anak Bupati Badung Pimpin PDIP Petang

Hal senada disampaikan Plt. Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan. Menurut Taufik, selama ini nelayan tradisional masih menerapkan sistem mencari ikan. Ke depan, pola pikir nelayan harus diubah, di mana tidak lagi mencari ikan, namun langsung menangkap ikan.

“Kepada para nelayan harus tahu terutama cuaca di laut sebelum menangkap ikan. Nelayan itu harus diubah paradigmanya bukan mencari ikan lagi, namun menangkap ikan,” ujarnya sembari mengungkapkan SLCN ini diikuti nelayan dari seluruh kabupaten/kota di Bali. (113)

Baca juga :  Sembahyang di Pura Prajapati Taman, Suiasa Mapunia Rp 15 Juta

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini