Laboratorium PCR di Buleleng Siap Dioperasikan

0
2
Picsart 11 10 07.26.14
LAB PCR - Sekda Gede Suyasa, saat meninjau Lab PCR di RSUD Buleleng, Selasa (10/11/2020).

Singaraja, DENPOST.id

Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kabupaten Buleleng, Bali siap dioperasikan dan menerima spesimen dari rumah sakit yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Gede Suyasa, yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa saat ditemui usai pengecekan kesiapan dan kedatangan mesin PCR di RSUD Buleleng, Selasa (10/11/2020).

Gede Suyasa menjelaskan secara fisik pengoperasian laboratorium PCR sudah sangat siap. Bahkan teknisi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) datang untuk meyakinkan bahwa semua bisa berjalan dengan baik. Bantuan 1.000 reagen untuk proses PCR juga sudah tiba yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, sehingga sudah bisa beroperasi. “Tinggal menunggu tenaga teknis untuk memastikan operasionalnya,” jelasnya.

Baca juga :  Deklarasikan Desa Layak Anak, Panji Siapkan Dua Bus Gratis

Secara uji fungsi fisik sudah selesai dilakukan. Sekarang tinggal uji mesin PCR yang akan dilakukan. Uji fungsi fisik tersebut, yakni mengenai kelayakan dari ruangan yang disediakan. Apakah ruangannya sudah tersikulasi dengan baik, sekat-sekat ruangannya sudah aman, kemudian kesiapan kelistrikan di ruangan yang akan dijadikan laboratorium PCR. “Itu sudah clear. Tinggal mesin PCR yang diuji. Mesin PCR diberikan oleh BNPB, sehingga yang memastikan uji mesin tersebut adalah teknisi dari pemerintah pusat. Hari ini mereka datang,” ujar Gede Suyasa.

Baca juga :  Gotong Royong untuk Pemulihan Ekonomi Buleleng

Lebih lanjut, Gede Suyasa memaparkan proses ijin operasional dibantu pihak Pemprov Bali. Dengan begitu, dalam waktu dekat laboratorium PCR di RSUD Buleleng sudah bisa menerima spesimen hasil pengambilan dari publik. Termasuk pasien-pasien yang dimiliki RSUD Buleleng sendiri. Dimungkinkan juga spesimen dari rumah sakit swasta yang ada di Buleleng bisa diterima oleh laboratorium PCR RSUD Buleleng. “Rumah sakit swasta juga bisa mengirim spesimen untuk dilakukan pemeriksaan di RSUD Buleleng,” paparnya.

Baca juga :  Puskesmas I Busungbiu Kekurangan Tenaga, Dewan Usulkan Pemerataan

Sementara itu, disinggung mengenai pengadaan Sumber Daya Manusia (SDM), Direktur RSUD Buleleng, Putu Arya Nugraha menyebutkan penambahan SDM harus melihat tren kasus yang ada. Jika kasusnya bertambah signifikan, Pemkab Buleleng tentunya selalu mendukung RSUD Buleleng, khususnya mengenai kecukupan SDM dengan adanya rekrutmen. (118)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini