Begini Geliat Desa Panji di Era New Normal

0
3
Begini Geliat Desa Panji di Era New Normal
DISKUSI - Perbekel Panji, Mangku Ariawan (pakai topi) bersama Agung Wedha dari Petani Muda Keren dan Ketua BPD, Gading Ganesa (paling kanan ) saat berdiskusi tentang padi organik dengan petani setempat.

Singaraja, DENPOST.id

Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng bergeliat di bawah kepemimpinan Perbekel Panji, Mangku Ariawan, yang akrab disapa Mangku Panji. Pengalamannya sebagai wakil rakyat begitu mumpuni untuk menggerakkan warganya membangun desa di era new normal seperti saat ini. Tak hanya di bidang pembangunan sarana dan prasarana, Mangku Panji juga mendorong warganya membangun dengan konsep “Magoak-goakan”.

Banyak yang bertanya, Desa Panji itu di sebelah mana Buleleng? Padahal, Desa Panji adalah cikal bakal Buleleng. Sejarah Buleleng terpatri di setiap sudut wilayah yang memiliki 22 subak ini. “Panji adalah cikal bakal Buleleng, nah kita membangun desa dengan semangat magoak-goakan, yakni saling bergandengan dan beriringan untuk mencapai satu tujuan bersama,” ucap Mangku Panji. Tari Goak atau Magoak-goakan sendiri adalah sebuah permainan yang kerap dimainkan Ki Barak Panji Sakti untuk menyemangati rakyatnya kala itu. Termasuk saat akan melebarkan kekuasaannya ke wilayah Blambangan.

Baca juga :  Survei "Si Poleng Ngayah" Polres Buleleng, Undiksha Berikan Ini

“Dengan semangat itu kami sekarang membangun Desa Panji yang kita cintai,” imbuhnya. Pembangunan irigasi senilai Rp 4 miliar sedang berlangsung, jalan pun dihotmik dan berbagai industri kreatif muncul termasuk wisata air yang kian menjamur. “Kita banyak sumber air, dan ini adalah kekayaan yang luar biasa. Wisata air pun kita kelola melalui Pokdarwis,” ucapnya.

Tak hanya itu, pengembangan padi organik dan jahe merah juga dikembangkan dengan perpaduan ekowisata. Juga berbagai penganan termasuk dengdeng babi hitam yang sedang naik daun.

Baca juga :  Pasar di Buleleng Hanya Beroperasi 4 jam

Agung Wedha, seorang petani muda, mengaku kagum dengan apa yang dilakukan Mangku Panji. Dia pun sengaja datang ke Panji untuk melihat langsung proses penanaman padi organik dan wisata air yang kini sedang diminati masyarakat. Sambil berdiskusi, Agung Wedha siap memfasilitasi hal-hal yang dibutuhkan sesuai bidangnya. Sementara itu, Ketua BPD Panji, Gading Ganesha yang juga pemerhati lingkungan dengan Bank Sampah Galang Panji-nya menyatakan selalu mendukung dan bersinergi dengan semua lini untuk pembangunan di Desa Panji. “Kita selalu welcome dengan pihak manapun untuk kemajuan desa,” tandasnya. (118)

Baca juga :  Laksanakan Maklumat Kapolri, Polres Buleleng Semprot Singaraja

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini