Kedepankan Pola Milenial, Petani Muda Bali Lakukan Ini

0
4
Picsart 11 16 07.10.16
PETANI MILENIAL - Webinar pelatihan petani milenial diikuti sejumlah praktisi tani dan komunitas petani-petani muda.

Dangin Puri, DENPOST.id

Bagi anggota Forum Petani Muda Bali, bertani bukanlah hal tabu dilakoni kaula muda. Itu, karena mereka bertani menggunakan metode milenial, yakni aktivitas pertanian berbasis teknologi yang canggih. Wacana itu, diumbar Ketua Forum Petani Muda Bali, AA Gede Agung Wedha Tama, Senin (16/11/2020).

“Kami memang mengajak teman-teman muda, yang muda secara jiwa dan mental,” ujarnya yang saat itu memandu webinar pelatihan petani milenial di Kantor DPD Golkar Bali, di Denpasar.

Ajakan bertani kepada masyarakat juga terus digelorakan guna melaporkan petani-petani muda handal. Salah satunya melalui pembentukan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S). Wedha menerangkan, P4S ini akan menjadi informasi berkaitan pertanian milenial. Didalamnya, terdapat praktisi tani handal yang siap berbagi berpengalaman dalam menetapkan pola milenial dalam bertani. Selain berkonsultasi bercocok tanam, anggota akan mendapat informasi berkaitan kondisi pertanian di Bali saat ini. Melalui forum ini, anggota akan diberi solusi pemasaran produk.

Baca juga :  Hindari Proyek Bermasalah, Pemkot Diminta Lakukan Ini

Sementara perwakilan Buleleng Agro, I Nengah Sumerta yang hadir dalam webinar menyebutkan petani masa kini dihadapkan masalah krusial. “Masalahnya bukan tidak punya tanah atau modal, sebab banyak tanah tidak produktif yang belum dikelola. Masalah besarnya adalah krisis air,” ujarnya.

Kata dia, hal itu diakibatkan praktik penebangan pohon di hutan yang berakibat hutan gundul. Terhadap fenomena itu, dia berharap masyarakat turut peduli untuk mencegah. Sebagai solusi, bersama gerakkan Petani Muda Keren (PMK), saat ini dia mengembangkan pertanian yang hemat air dengan menggunakan teknologi rakitan. Lebih irit 50 persen dibanding pola umum. “Kita beri air sesuai dengan kebutuhan tanaman. Sudah kami aplikasikan di salah satu kebun di Gobleg (Singaraja),” ujarnya.

Baca juga :  Di Denpasar, 82 Calon PPK Siap Ikuti Seleksi Administrasi

Sekretaris DPD Partai Golkar Provinsi Bali, I Made Dauh Wijana berharap kegiatan ini bermanfaat. “Jadikan pandemi ini menjadi momentum kesadaran kita, menata diri bahwa banyak hal yang bisa kita kerjakan. Kami yakin, petani bangkit, ekonomi Bali akan bangkit,” ungkapnya menutup acara. Bagi masyarakat yang berminat bergabung dalam gerakkan PMK, dia mengajak untuk mendaftar ke DPD Golkar Bali. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini