Bangkitkan Perekonomian Saat Pandemi, Sungai Penet Disulap Jadi Atraksi Wisata

0
12
Bangkitkan Perekonomian Saat Pandemi, Sungai  Penet Disulap Jadi Atraksi Wisata
SUNGAI PENET - Sungai Penet yang melintasi Desa Penarungan akan disulap menjadi atraksi wisata. Hal ini untuk membantu masyarakat meningkatkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

MASA Pandemi Covid-19 , membuat perekonomian masyarakat di Badung khususnya yang menggeluti dunia pariwisata terseok. Bahkan, sejumlah masyarakat kehilangan pekerjaan karena dampak virus yang mewabah lebih dari delapan bulan di Bali ini. Untuk membantu perekonomian warga, Penjabat (Pj) Perbekel Penarungan, I Wayan Narayana, membuat ide untuk mengembangkan Desa Wisata di wilayah yang dia pimpin saat ini.

Narayana bersama sejumlah tokoh masyarakat desa memanfaatkan sungai penet yang melintasi Desa Penarungan untuk dijadikan wahana wisata baru. Dan, program ini nantinya akan membantu membangkitkan kembali perekonomian masyarakat Desa Penarungan di masa pandemi covid-19. “Kita juga memberlakukan protokol kesehatan yang ketat jika nantinya wahana ini sudah beroperasi maksimal. Saat ini kita masih dalam tahap uji coba,” terang Narayana belum lama ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, atraksi wisata di Sungai Penet ini dinamakan Wanara Adventure yakni berupa wahana bermain arung jeram atau rafting menggunakan perahu karet dan kano. “Uji coba sudah kami lakukan sejak 14 November 2020 lalu. Uji coba hingga 31 Desember 2020 mendatang,” katanya.

Baca juga :  Khawatir Tower Roboh, Warga Penarungan Datangi Kantor Perbekel

Tahap uji coba, kata Narayana, hanya diperuntukkan khusus warga Desa Penarungan saja. “Nanti Wanara Adventure Penarungan ini bakal dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Dan, selama masa uji coba warga tidak dipungut biaya alias gratis,” tegasnya.

Pria penggemar motor gede ini juga mengatakan,  selama masa uji coba maksimal hanya 20 orang saja dalam sehari. Bila uji coba sudah selesai, Wanara Adventure Penarungan ini akan dibuka untuk umum. “Setelah dibuka resmi masing-masing orang akan dikenakan tarif normal yakni Rp 50 ribu per orang. include makan,” paparnya.

Baca juga :  Giri Prasta: Masyarakat Badung Butuh Bukti, Bukan Mitos

Adapun rute bermain arung jeram di Wanara Adventure Penarungan mengambil start dari BTN Duta Cipta Banjar Bantas dan finish di DAM Kapal, Banjar Dauh Peken, Desa Penarungan. Rute yang dilalui memiliki panjang sekitar 3 kilometer. Rute sepanjang 3 kilometer tersebut bakal ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam tergantung arus sungainya.

Sepanjang perjalanan menyusuri aliran tukad/sungai penet, masyarakat bakal menikmati panorama alam yang masih asri. Wahana ini patut dicoba karena sangat cocok untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga. Mengenai tenaga pendamping, lanjutnya, sudah dilatih sehingga mereka profesional. Perlengkapan yang digunakan pun juga sudah sesuai standar sehingga aman.

Baca juga :  Giri Prasta Tegaskan Tetap Hati-hati Susun Proyeksi APBD 2021

Seorang tokoh masyarakat Desa Penarungan, Made Yudana, mengapresiasi ide pemanfaatan sungai untuk objek wisata baru di DesaPenarungan. “Kami selaku tokoh masyarakat berterimakasih atas apa yang telah dilakukan oleh Pj. Perbekel Penarungan. Termasuk inovasi yang dilakukan saat pandemi covid-19 saat ini. Mudah-mudahan dengan adanya wahana air ini, Penarungan memiliki tambahan pemasukan. Kami juga akan berkoordinasi dengan semua pihak untuk terus mengembangkan objek wisata arung jeram ini,” tegas Yudana yang juga Anggota DPRD Badung tersebut. (dwa)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini