Di Karangasem, Kerumunan Saat Upacara Keagamaan Masih Jadi Klaster

Di Karangasem, Kerumunan Saat Upacara Keagamaan Masih Jadi Klaster
Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karangasem, Ketut Sedana Merta

Amlapura, DENPOST.id

Penambahan kasus covid-19 di Kabupaten Karangasem masih terus terjadi. Bahkan, hingga kini status Kabupaten Karangasem masih di zona oranye, atau resiko sedang. Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Karangasem, Ketut Sedana Merta, mengungkapkan, kerumunan dalam upacara keagamaan masih menjadi klaster.

“Memang masih sangat fluktuatif. Kadang terjadi penambahan kadang tidak. Seperti kemarin terjadi penambahan 5 lagi. Dengan kondisi ini kita pun belum bisa turun zona dan masih di zona oranye,” ungkap Sedana ketika diwawancarai pada Selasa (17/11/2020). Ia menuturkan, dari kasus-kasus yang terjadi kebanyakan penularannya di kerumunan saat upacara agama. “Kami mengerti masyarakat sudah mulai jenuh. Namun pandemi ini belum berakhir. Jadi kami sebagai pemerintah akan terus berupaya melakukan sosialisasi,” imbuhnya.

Baca juga :  Masuk Pantai Bias Tugel Lewat Jalan Pintas, Sejoli terperosok ke Tebing

Sedana menekankan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan. “Untuk di pemerintahan kami masih menerapkan kerja dari rumah. Ini untuk mencegah kerumunan di perkantoran,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga gencar turun melakukan penertiban prokes. Khususnya menyasar pasar tradisional. “Tadi kami sempat ke Pasar Seraya. Hampir 95 persen masyarakat sudah mau pakai masker. Jadi penertiban yang kami lakukan jangan dinilai dari dendanya. Namun ajakan untuk bersama patuhi prokes untuk melindungi keluarga kita,” harapnya. (yun)

Baca juga :  Batuk dan Demam Sepulang Umroh, Satu Warga Karangasem Dalam Pemantauan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini