Bank Sampah Simpatik Kumpulkan Tiga Ton Sampah Plastik

0
7
Bank Sampah Simpatik Kumpulkan Tiga Ton Sampah Plastik
BANK SAMPAH - Bank Sampah Simpatik aktif kembali.

Singaraja, DENPOST.id

Sempat terhenti akibat pandemi covid-19 sejak 13 Maret 2020 lalu, Bank Sampah Unit Sekretariat Daerah (Setda) Buleleng, Simpatik, kembali beroperasi. Terhitung dari tanggal 28 Oktober 2020 hingga saat ini, sudah terkumpul sebanyak tiga ton lebih sampah plastik dan kertas.

“Dari tiga ton lebih sampah yang terkumpul ini terdiri dari sampah bentukan sebanyak 552,1 kilogram. Kemudian sampah lembaran sebanyak 250,9 kilogram dan sampah kertas sebanyak 2.212 kilogram,” terang Sekretaris Direktur Bank Sampah Simpatik, Kadek Agus Hartika, saat ditemui usai melakukan penghitungan jumlah tabungan dari masing-masing bagian di ruang kerjanya, Senin (16/11/2020).

Baca juga :  Kasus Tewasnya Pemilik Warung di Depeha Belum Terungkap

Agus Hartika menjelaskan, tidak beroperasinya Bank Sampah Simpatik ini dikarenakan adanya kebijakan Work From Home (WFH). Dikarenakan juga tutupnya Bank Sampah Induk (BSI) bentukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akibat pandemi covid-19. Sejak diaktifkannya kembali Bank Sampah Simpatik ini, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)  lingkup Setda Buleleng sangat antusias. Mengingat lama tidak beroperasi, sampah plastik yang ada jumlahnya cukup banyak.  “Kita berharap semua bisa kembali normal. Sekarang Bank Sampah kembali aktif dan pengumpulan kembali dilakukan di setiap hari Jumat bertempat di Wantilan Praja Winangun. Tentunya kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Sebelum dibawa ke tempat penimbangan, sampah-sampah di disemprot dahulu dengan disinfektan dan pengumpulan per bagian dilakukan juga secara bergiliran agar tidak terjadi kerumunan,” jelasnya. (118)

Baca juga :  Dirumahkan, Puput Jualan Jamu Kunyit Asam

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini