Dari Serangan ke Pantai Nusa Dua, Bangkai Paus Kian Membusuk

0
5
Dari Serangan ke Pantai Nusa Dua, Bangkai Paus Kian Membusuk
EVAKUASI - Upaya evakuasi bangkai ikan paus yang dilakukan berbagai komponen di kawasan Pantai Nusa Dua Rabu (18/11/2020) siang.

Nusa Dua, DENPOST.id

Bangkai paus yang sehari sebelumnya ditemukan mengambang di laut Serangan, Rabu (18/11/2020) terdampar di Pantai Nusa Dua. Bangkai paus ini sudah dalam keadaan setengah hancur dan kian membusuk.

Sejumlah petugas dari ITDC, Balawista, DLHK Badung dan Dinas Perikanan Pemprov Bali dibantu dua wisatawan asing berupaya keras menarik bangkau paus ini untuk dikubur di darat. Namun penarikan menggunakan loader DLHK tersebut sempat gagal. Selain karena ukurannya yang besar dan sudah setengah hancur, tali plastik yang digunakan menarik juga sempat putus.

Baca juga :  Keroyok Pemuda Linglung, Petugas Jagabaya Terancam Penjara 12 Tahun

Hingga menjelang siang upaya penarikan bangkai paus tersebut masih berlangsung. Kepala UPTD Kawasan Konservasi Perairan Bali,  Dinas Kelautan dan Perairan Provinsi Bali, Nengah Bagus Sugiarta, ditemui di lokasi membenarkan paus yang terdampar tersebut adalah paus yang sebelumnya ditemukan di perairan Serangan. Pihaknya mendapat laporan dari warga Serangan ada paus terdampar. Karena berada di tengah laut dan tidak memungkinkan untuk ditarik, akhirnya didorong ke dalam.

Baca juga :  Badung Kembali Perpanjang Masa Belajar Siswa di Rumah

Hasil pemantauan terakhir yang dilakukan, bangkai paus terlihat di Pantai Semawang dan menghilang. Karena sudah malam pemantauan tidak memungkinkan untuk dilakukan. Ternyata Rabu pagi, Bagus Sugiarta mendapat informasi bangkai paus terdampar di Pantai Nusa Dua. Karenanya dia berkoordinasi dengan DLHK Badung dan instansi terkait lainnya, mengupayakan penarikan dilakukan menggunakan loader milik DLHK Badung. “Nantinya akan dikubur di sini, biar tidak mencemari air laut karena sudah membusuk,” katanya. (113)

Baca juga :  Penyemprotan Disinfektan Badung Sasar Tempat Ibadah

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini