Deni Yusyulian : Paritrana Award Jadi Indikator Kepatuhan Jamsostek

0
5
Picsart 11 18 07.23.22
Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Banuspa, Deny Yusyulian.

Sumerta Klod, DENPOST.id

Bali menjadi salah satu kandidat penerima penghargaan Paritrana tahun 2020. Tahun ini, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali masuk dalam kategori Perusahaan Skala Besar. Paritrana merupakan penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang selenggarakan rutin setiap tahun.

Deputi Direktur BP Jamsostek Wilayah Banuspa, Deny Yusyulian menjelaskan penghargaan Paritrana bertujuan untuk merangsang peran pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota meningkatkan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Kata dia, penghargaan itu juga sebagai indikator kepatuhan terhadap peraturan jaminan sosial ketenagakerjaan, sekaligus meningkatkan kepedulian pemerintah untuk mewujudkan hadirnya negara bagi pekerja.

Baca juga :  PPDB 2020 Hari Pertama, Boy Jayawibawa Tekankan Ini

“Ketika kepesertaan jaminan sosial ini meningkat, berarti pemerintah daerah bersama-sama BP Jamsostek akan meningkatkan taraf kehidupan rakyat. Salah satu pilar kesejahteraan rakyat adalah jaminan sosial. Paritrana Award adalah salah satu toolsnya agar pemerintah daerah bisa mewujudkan kesejahteraan melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujar Deny.

Kata dia, sejak tiga tahun terakhir pemerintah pusat telah memberikan penghargaan Paritrana yang ditujukan bagi pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perusahaan besar, perusahaan menengah dan usaha kecil mikro (UMKM). Tahun ini, Paritrana Awards akan kembali digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang sepanjang tahun 2020 mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing.

Baca juga :  Jaksa Percepat Rampungkan Berkas Perkara 4 Oknum Pengacara 

Tahun ini, kegiatan bertemakan penguatan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan pada masa pandemi Covid-19 melalu Paritrana Award, Senin (16/11/2020). Proses penilaiannya dilakukan pada awal tahun 2021 dan selanjutnya diteruskan dengan proses seleksi lanjutan hingga penyerahan piala oleh Presiden/Wakil Presiden Republik Indonesia.

Kategori yang diberikan sama dengan periode penganugerahan tahun sebelumnya, dengan melibatkan tim penilai yang merupakan perwakilan dari pemerintah, Ahli Jaminan Sosial, Ahli Kebijakan Publik, Ahli Pemberdayaan Masyarakat, unsur pengusaha, unsur Serikat Pekerja dan BP Jamsostek.

Baca juga :  Bantuan Pemerintah Diduga Nyaplir, Ratusan Warga Karangasem Datangi Dewan

Sementara Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis mengapresiasi langkah pemerintah daerah dan perusahaan peserta yang telah berhasil meraih Paritrana Award pada tahun sebelumnya. Dia pun berharap seluruh pemenang dapat mempertahankan gelar yang sudah diterima. “Proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap dan nantinya akan dilakukan wawancara bagi kandidat yang dinyatakan lolos pada seleksi penyisihan. Pada tahun ini kriteria penilaian ditambahkan indikator perlindungan relawan Covid-19, sebagai bagian perlindungan pekerja rentan,” tandasnya. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini