ITO Digelar, Wagub Ingatkan Disiplin Prokes

0
2
ITO Digelar, Wagub Ingatkan Disiplin Prokes
PERTEMUAN - Pertemuan antara Wakil Gubernur Bali, Cok Ace dengan Panitia Penyelenggara ITO. Wagub berharap kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sumerta Klod, DENPOST.id

Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bali berencana menggelar Indonesia Tourism Outlook (ITO) dalam jaringan dan luar jaringan pada Desember mendatang. Terkait rencana itu, Ketua Umum Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, I Nyoman Sukadana, bertemu Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Arsana Sukawati.

Pertemuan berlangsung di Kantor Wakil Gubernur Bali, Kamis (19/11/2020). Sukadana menjelaskan, tetap digelarnya ITO ini berkat dorongan Kemenparekraf yang merekomendasi kegiatan tetap digelar dengan memadukan sistem luar jaringan (offline) dan dalam jaringan (online). Secara luar jaringan, ITO akan digelar pada 11 Desember 2020 di Westin Nusa Dua.

Baca juga :  Pasien Sembuh 46 Orang di Denpasar, Positif 29 Orang

“Jumlah peserta terbatas yaitu 300 orang. Panitia juga membuka kesempatan bagi peserta lainnya untuk mengikuti kegiatan ini secara online melalui aplikasi zoom dan live youtube. Kita target, jumlah pesertanya bisa mencapai 1.000 orang,” jelasnya kepada Wagub Bali.

Terhadap inovasi tersebut, Wagub berpesan agar kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ia menyebut ITO sebagai ajang bermanfaat untuk membahas arah pariwisata Bali ke depan.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini tetap dilaksanakan karena merupakan ajang diskusi lintas komponen yaitu pemerintah, pelaku usaha dan akademisi,” ucapnya.  Menurutnya, seringkali  masing-masing pihak punya perspektif yang berbeda yang sulit diimplementasikan di lapangan.

Baca juga :  Produksi Melimpah, Permintaan Lele Turun

Guru Besar ISI Denpasar ini berharap, ajang ITO bisa menyatukan semua perspektif menjadi sebuah konsep yang menjadi pedoman bersama dalam pengembangan sektor pariwisata ke depan. “Kita berada dalam situasi penuh keraguan, semua tak pasti. Saya berharap ITO menghasilkan sebuah konsep yang bisa kita pedomani bersama,” imbuhnya.

Dia juga menyarankan, panitia mengundang Duta Besar Indonesia di negara yang selama ini menjadi pasar potensial pariwisata Bali. Karena dari sejumlah webinar yang ia ikuti, paparan oleh Dubes RI di luar negeri dapat memberi gambaran bagaimana dunia luar melihat Bali saat ini.

Baca juga :  Ini Jadwal Program Belajar di Rumah dari Kemendikbud 

Sukadana menambahkan, tahun ini merupakan gelaran ITO keenam. Kegiatan ini akan menghadirkan sejumlah pakar sebagai pembicara. Saat itu, Sukadana juga menginformasikan bahwa Ikatan Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Bali saat ini telah beranggotakan 22 ribu orang dan tersebar di berbagai negara. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini