Soal Polemik HK, Ketua Peradah Bali Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

0
6
Soal Polemik HK, Ketua Peradah Bali Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Padangsambian, DENPOST.id

Pidato Arya Weda Karna atau AWK yang viral di media sosial serta pro-kontra keberadaan aliran Hare Krisna (HK) di Bali, belakangan menjadi polemik di masyarakat. Khawatir terjadi narasi kebencian, emosional keumatan, caci maki, sehingga menggangu harmonisasi beragama Hindu di Bali, membuat Ketua Persatuan Pemuda Hindu Dharma Indonesia (Peradah) Provinsi Bali, I Komang Agus Widiantara, angkat bicara.

“Kami harapkan dan imbau agar umat Hindu tidak terpancing secara emosional atau terprovokasi di ruang publik dan media sosial yang akan memperuncing dan memperkeruh keadaan. Mari kita berikan dukungan penuh kepada majelis tertinggi umat Hindu dalam hal ini PHDI Provinsi Bali dan PHDI Pusat untuk menuntaskan persoalan pro dan kontra Hare Krisna dengan tuntas, arif dan bijaksana,” sarannya saat diskusi dengan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KHMDI), Jumat (20/11/2020).

Baca juga :  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkot Denpasar Lakukan Ini

Menurutnya, persoalan ini telah menjadi api dalam sekam. Widiantara juga meminta perkumpulan HK untuk memberikan klarifikasi atau penjelasan secara utuh dan lengkap atas desas-desus yang berkembang selama ini di ruang publik khususnyua media sosial. Klarifikasi menurutnya bisa disampaikan melalui forum resmi maupun mediasi oleh PHDI Provinsi Bali atau PHDI Pusat. “Perkumpulan HK baiknya melakukan mediasi dengan menghadirkan perwakilan organisasi Hindu, tokoh atau instansi terkait sehingga memungkinkan melakukan diskusi atau dialog terbuka dengan mencari win-win solution untuk menjernihkan dan meneduhkan kegelisahan umat Hindu Bali,” tegasnya. (124)

Baca juga :  Penangkaran Penyu Disinfektan, Wisman Wajib Cuci Tangan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini