BKSDM akan Panggil Kepsek yang Diduga Tak Netral

0
5
BKSDM akan Panggil Kepsek yang Diduga Tak Netral
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karangasem, Gusti Gede Rinceg

Amlapura,DENPOST.id

Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Karangasem dilaporkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karangasem ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) pada 18 November lalu. ASN yang menjabat sebagai kepala sekolah di salah satu SD wilayah Tulamben ini diduga  melakukan tindakan keperpihakan terhadap salah satu paslon dalam Pilkada Karangsem.

Terkait hal itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karangasem, Gusti Gede Rinceg, menyatakan akan memanggil oknum kepsek tersebut. “Sebenarnya saat ini kami masih menunggu hasil keputusan KASN terkait hasil yang diserahkan oleh Bawaslu. Kami rencana akan memanggil oknum tersebut untuk menggali keterangan secara langsung,” ungkapnya saat diwawancarai pada Senin (23/11/2020).

Baca juga :  Di Padang Bai, Hanya Ini yang Boleh Masuk Bali

Oknum kepsek tersebut rencananya diajak bertemu pada Selasa (24/11/2020) bersama Sekretaris Daerah dan dirinya. Rinceg berharap oknum tersebut kooperatif. “Ini jadi pelajaran untuk semua ASN. Karena ini komitmen kami memastikan setiap ASN yang tidak netral untuk mendapat sanksi sesuai pelanggarannya,” tegas Rinceg.

Ada beberapa sanksi yang bisa diberikan bagi para ASN yang terbukti tidak netral. Di antaranya sanksi ringan berupa teguran, sanksi sedang berupa penurunan golongan atau pengurangan gaji dan yang paling berat adalah pemecatan. “Mengenai sanksi bagi oknum tersebut, akan diputuskan oleh KASN. Sanksi akan diteruskan ke bupati untuk penerapannya. Paling lama 10 hari setelah penyerahan berkas akan ada surat rekomendasi,” paparnya.

Baca juga :  Krama Diharapkan “Ngayeng” Saat Ngusaba Dalem Puri

Menurut informasi di lapangan, oknum kepsek ini diduga ikut mendukung salah satu paslon dengan menyanyikan yel-yel kemenangan salah satu paslon di sebuah kegiatan adat. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini