Ini Alasan Dua Anggota Dewan “Walkout” dari Rapat

0
3
Picsart 11 23 08.04.32
RAPAT PARIPURNA - Suasana rapat paripurna dengan agenda penyampaian rancangan APBD tahun 2021, Senin (23/11/2020).

Bangli, DENPOST.id

Mendekati masa pencoblosan pada pilkada, suhu perpolitikan di Kabupaten Bangli perlahan mulai memanas. Kondisi ini juga menular ke gedung sidang DPRD Bangli. Bagaimana tidak, kondisi “panas” sudah terjadi sebanyak tiga kali dalam rapat, baik internal maupun paripurna yang melibatkan jajaran eksekutif.

Seperti yang terjadi pada rapat
dengan agenda penyampaian rancangan APBD tahun 2021, Senin (23/11/2020).

Persidangan yang dihadiri Bupati Bangli, I Made Gianyar tersebut tadinya berlangsung aman dan lancar. Namun, ketika Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika mengumumkan jadwal penetapan RAPBD 2021 akan dilakukan 17 Desember (setelah pilkada), suasana berubah tegang. Dua anggota dewan dari Fraksi Golkar tak sependapat dengan jadwal tersebut. Bahkan karena pihak ketua ngotot akan menetapkan saat itu, kedua anggota dewan tersebut memilih walkout atau keluar dari ruang rapat.

Baca juga :  Bupati Bangli Berencana Karantina Wilayah Abuan Kangin

Dua anggota dewan tersebut, yakni
I Nyoman Basma dan Ketut Sajiboga. Ketidaksetujuan mereka beralasan bahwa sesuai Permendagri No.64 tahun 2020 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2021, batas akhir penetapannya RAPBD tahun 2021 seharusnya tanggal 30 November 2020. “Sesuai aturan, RAPBD tahun 2021 sudah jelas harus sudah ditetapkan satu bulan sebelum tahun anggaran baru berjalan. Artinya, tanggal 30 November sebagai batas akhirnya. Kan itu aturannya,” sebutnya.

Baca juga :  Super Praktis BPJS, Peserta Bisa Ubah Kelas Seketika

Dengan kata lain, jika penetapan RAPBD dilakukan setelah akhir November 2020, tentunya akan melanggar aturan yang sudah digariskan.

Atas kondisi ini Suastika beralasan jadwal tersebut sudah sesuai hasil rapat Badan Musyawarah (banmus). Pun saat ditanyakan kembali pada semua anggota rapat, sebagian besar anggota dewan menyetujui jika penetapan RAPBD 2021 ditetapkan sesuai hasil rapat banmus tersebut. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini