Positif Covid-19, Puluhan Petugas KPPS di Jembrana Diganti

Positif Covid-19, Puluhan Petugas KPPS di Jembrana Diganti
Anggota yang juga Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Jembrana, I Made Widiastra

Negara, DENPOST.id

Sesuai aturan, penyelenggara pilkada harus bebas dari virus corona. Mulai dari komisioner, sekretariat KPU, PPS hingga KPPS harus menjalani uji cepat (rapid tes) dan uji usap (swab tes). Anggota yang juga Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Jembrana, I Made Widiastra, Senin (23/11/2020) mengungkapkan, ada 22 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terkonfirmasi positif covid-19.

Dikatakan Widiastra, di Jembrana ada 5.760 orang KPPS. Dari jumlah itu, sebanyak 171 orang dinyatakan reaktif. Mereka kemudian menjalani uji usap dengan metode PCR. “Hasilnya, 22 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka yang dinyatakan positif langsung diganti. Ini dilakukan agar petugas di KPPS benar-benar bebas dari covid-19,” tegasnya.Dikatakan pula pengganti KPPS tersebut juga menjlani uji usap.

Baca juga :  Covid-19 Batasi Gerak APIP, Perangkat Daerah Diminta Validasi Data

Untuk pelantikan KPPS, lanjutnya, dilakukan Selasa (24/11/2020)hari ini. Pelantikan dilaksanakan masing-masing Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa maupun kelurahan.  “Mengingat pandemic covid-19, yang dilantik Selasa ini hanya ketua KPPS saja. Sedangkan anggotanya akan dilantik pada hari H tanggal 9 Desember sebelum pencoblosan dimulai,” pungkasnya. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini