Perajin Tenun Cagcag Dibantu Alat

Picsart 11 24 06.53.46
ALAT TENUN - Ketua Dekranasda Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra menyerahkan bantuan alat tenun kepada kelompok tenun Cacag Sari Bhakti di Command Center Kantor Bupati Gianyar, Selasa (24/11/2020).

Gianyar, DENPOST.id

Untuk mengembangkan, meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu tenun Cagcag yang sempat terkenal, Dekranasda Kabupaten Gianyar memberikan pembinaan dengan bimbingan dan teknik (bimtek) desain tenun dan pewarnaan bagi kelompok tenun Cagcag Sari Bhakti, di ruang Command Center Kantor Bupati Gianyar, Selasa (24/11/2020).

Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra seusai membuka bimtek berharap tenun Cagcag yang sempat terkenal itu kembali bangkit dan berkembang. Bimtek dan pemberian bantuan alat ini dilakukan berawal dari kunjungan Dekranasda Gianyar dengan mengantar seorang menteri ke perajin ditemukan perjin tenun sangat minim dan desain motif tenun masih sederhana dan pewarnaannya juga belum begitu bagus.

Baca juga :  Bawa Tamu, Mobil Nyungsep di Sawah

Dengan bimtek dan pemberian bantuan alat diharapkan tenun Cagcag kembali bangkit dan berkembang. “Pelatihan ini penting untuk menjaga kualitas maupun mutu dari kain tenun, sehingga materi yang diberikan dalam  bimtek yaitu masalah desain dan pewarnaan, pengetahuan yang sangat mendasar yang memang dibutuhkan oleh para perajin,” kata Surya Adnyani Mahayastra.

Sementara Kadis Perindag Gianyar, Luh Gede Eka Suary mengatakan banyak tantangan yang dihadapi para IKM/UMKM di Gianyar di tengah pandemi Covid-19. Beberapa masalah umum yang dihadapi, seperti keterbatasan modal, bahan baku, SDM, informasi pasar dan persaingan bisnis. (116)

Baca juga :  Bocah Usia 4 Tahun Terpapar Corona, Dirawat RSUP Sanglah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini