Digugat Desa Adat Karangasem, Begini Respons Pemkab

0
8
Digugat Desa Adat Karangasem, Begini Respons Pemkab
BERI KETERANGAN - PJS Bupati Karangasem didampingi jajaran Pemkab Karangasem saat memberikan keterangan terkait gugatan Desa Adat Karangasem, Jumat (27/11/2020) pagi.

Amlapura, DENPOST.id

Pemerintah Kabupaten Karangasem, Jumat (27/11/2020) pagi menanggapi gugatan Desa Adat Karangasem terhadap Pemkab Karangasem atas hak milik tanah di Pasar Amlapura, terminal dan Mal Pelayanan Publik (MPP). Perihal ketidakhadiran tergugat (Pemkab Karangasem) dalam persidangan, Penjabat Sementara Bupati Karangasem, Wayan Serinah, menjelaskan, sejatinya sejak tanggal 24 November lalu, Pemkab telah bersurat ke Pengadilan Negeri Amlapura terkait penundaan sidang.

“Kami sudah bersurat, sebab kami belum menunjuk tim hukum,” ungkap Serinah. Kondisi ini disebabkan karena Serinah yang berstatus penjabat sementara memiliki keterbatasan kewenangan untuk itu. “Karenanya saya tak bisa menandatangani penunjukan kuasa hukum, sehingga memilih melakukan penundaan,” katanya.

Baca juga :  Delapan Kursi OPD di Karangasem Kosong

Didampingi Sekretaris Daerah Karangasem, Ketut Sedana Merta, Serinah berharap dalam proses ini, mediasi dapat menjadi titik utama. “Kami tidak ada ingin menyengsarakan masyarakat,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Pemkab Karangasem menyatakan 3 objek yang disengketakan Desa Adat Karangasem telah bersertifikat atas nama Pemkab Karangasem yang telah terbit pada tahun 2005. Yakni sertifikat hak pengelolaan 1 dan 2 atas tanah Pasar Amlapura Timur dan terminal. Selain itu sertifikat hak pakai tanah gedung MPP juga telah terbit tahun tersebut.

Baca juga :  Sudah 3 Kali Diperingatkan, 6 Orang Panitia Tajen Digiring ke Rutan

Kabag Hukum Pemkab Karangasem, Suarnatha, menambahkan, Pemkab sangat menghormati hak masyarakat untuk menguji dalam persidangan. “Apapun hasilnya nanti dalam persidangan akan kita hormati hasilnya. Yang jelas kita akan mengedepankan mediasi,” tutupnya. (yun)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini