Bangli Kekurangan 344 Lembar Surat Suara

Bangli Kekurangan 344 Lembar Surat Suara
SURAT SUARA - Contoh surat suara untuk Pilkada Bangli yang cetakannya rusak. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pilkada Kabupaten Bangli telah usai, Rabu (25/11/2020) lalu. Hasilnya, penyelenggara Pilkada Bangli masih kekurangan surat suara sebanyak 344. Hal itu lantaran ribuan surat suara yang datang sebelumnya dalam kondisi rusak atau tak layak dipakai.

Ketua KPU Bangli, I Putu Gede Pertama Pujawan, mengatakan, Bangli membutuhkan 195.916 lembar surat suara. Sebanyak 1.242 surat suara yang diterima KPU Bangli dari percetakan PT. Temprina Grafika Denpasar beberapa hari lalu rusak. “Memang kalau dilihat dari prosentasenya, kerusakan akibat berlubang, kusut dan robek sangat kecil. Banyak kerusakan terjadi diakibatkan adanya warna yang berbeda, tidak sesuai dengan dami yang telah disepakati paslon. Karena itu, kerusakan yang terjadi kami masukkan dalam katagori cacat produksi. Kami sudah  merekap dan meminta ganti kerusakan kepada pihak penyedia,” ungkap Pujawan, Jumat (27/11/2020).

Baca juga :  Kader PDIP Klungkung Minta Penyebar Hoaks Megawati Meninggal Diusut

Jika tidak ada halangan, lanjut Pujawan, hari ini surat suara pengganti yang rusak sudah dalam proses penjemputan. “Mudah-mudahan yang cetakan kedua ini bisa memenuhi kekurangan yang kami perlukan. Artinya yang datang tak banyak rusak, sehingga setelah ini kami bisa segera melanjutkan ke tahapan berikutnya,” jelasnya.

Tahapan yang dimaksud adalah proses pengaturan dengan melibatkan PPK dan PPS yang ikut mengecek surat suara yang telah dilipat tersebut dengan penyesuaian jumlah sesuai dengan DPT masing-masing TPS. “Kami terapkan pengecekan secara berlapis. Karena prinsip pengelolaan logistik adalah tepat jumlah. Kami tidak menginginkan nanti surat suara maupun dokumen lain yang akan dimasukkan ke dalam kotak ada yang kekurangan,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Koster Isyaratkan Target Partisipasi Pemilih Dievaluasi, KPU Komit 85 Persen

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini