KPU Latih Penerapan Prokes Saat Pencoblosan

0
6
KPU Latih Penerapan Prokes Saat Pencoblosan
SIMULASI – Suasana simulasi penerapan prokes saat pencoblosan.

Amlapura, DENPOST.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Karangasem, Jumat (27/11/2020) menggelar Apel Siaga dan Simulasi Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Karangasem Tahun 2020. Bertempat di Lapangan Tanah Aron, KPU menyimulasikan pencoblosan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang cukup ketat.

Ketua KPU Kabupaten Karangasem, Ngurah Gede Maharjana mengungkapkan, KPU melaksanakan simulasi hari pencoblosan mulai dari persiapan hingga penghitungan suara. “Beberapa skenario dilakukan dalam simulasi tersebut, seperti adanya pemilih disabilitas dan pemilih yang tidak terdaftar,” ungkap Ngurah.

Baca juga :  Giliran Kejari Karangasem Didatangi BNNK

Salah satu adegan mengantisipasi penularan covid-19 saat pencoblosan adalah pemilih yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat diarahkan mencoblos di bilik khusus yang telah dipersiapkan. “Dalam simulasi juga dilatih penanganan jika terjadi pemilih yang jatuh pingsan dan langsung ditangani oleh petugas medis yang mengenakan alat pelindung diri lengkap,” imbuhnya.

Dengan upaya ini, pihaknya berharap tidak hanya penyelenggara namun masyarakat umum juga memiliki gambaran terkait bagaimana pelaksanaan pemungutan suara di TPS. Khususnya penerapakan berbagai protokol kesehatan pencegahan covid-19. “Dengan demikian, pemilih tidak perlu khawatir dan ragu lagi untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti” pungkas Ngurah. (yun)

Baca juga :  Kabupatennya Zona Merah Tertinggi di Indonesia, Ini Kata Mas Sumatri

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini