Putri Suastini : Pandemi Jadi Momentum Keselarasan Alam dan Manusia

0
8
Picsart 11 27 07.21.22
PEREMPUAN BALI - Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putu Putri Suastini, saat dialog Perempuan Bali Bicara dengan topik Tanggap Covid-19, Ingat Pesan Ibu 3 M di Studio Bali Tv, Denpasar, Jumat (27/11/2020).

Padangsambian, DENPOST.id

Di balik kelamnya wajah pariwisata Bali, terselip hikmah mendalam melalui pandemi Covid-19. Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putu Putri Suastini memandang pandemi menjadi momentum merefleksikan keselarasan alam, manusia dan pencipta. Di Bali, konsep itu dikenal dengan Tri Hita Karana.

Itu dia sampaikan dalam dialog Perempuan Bali Bicara dengan topik Tanggap Covid-19, Ingat Pesan Ibu 3 M di Studio Bali Tv, Denpasar, Jumat (27/11). “Mungkin alam mengajak kita jeda sejenak memikirkan apa yang sudah kita lakukan selama ini terhadap semesta,” terangnya, yang saat itu didampingi Kalaksa BPBD Bali.

Baca juga :  Kerap Dilalui Truk Tronton, Infrastruktur ke Terminal Negara Rusak

“Semoga saat ini menjadikan kita tahu bahwa alam membutuhkan perhatian kita sebagai manusia untuk kembali saling menghormati keberadaan mereka sebagai habitat alam yang saat ini mungkin juga sudah merasa terusik, dengan tangan-tangan yang kurang konsisten menjaga kebersihan udara,” sambungnya.

Menyikapi kondisi ini, semua pihak harus menyesuaikan diri untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup, sehingga masyarakat diharapkan semakin kreatif saat pandemi. Kepada PKK, dia selalu mengingatkan agar manfaatkan halaman rumah sebagai media ketahanan pangan dengan menanam kebutuhan makanan. “Dengan begitu kita dapat mengembalikan pada fungsinya, yaitu memenuhi kebutuhan dasar dalam pemenuhan pangan,” tuturnya.

Baca juga :  Reaktif, Hasil Tes Cepat Seorang Tahanan dan Personel Polresta Denpasar

Dalam beraktivitas, ia mengingatkan PKK menjadi agen perubahan perilaku dengan menerapkan protokol kesehatan dari diri sendiri. “Ingat Pesan Ibu 3M, yaitu memakai masker kapanpun dan di manapun berada, mencuci tangan setiap saat dengan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan orang lain,” ungkapnya.

Selain 3M, ia mengajak masyarakat menerapkan berdoa sebelum melaksanakan aktivitas, kemudian berupaya untuk beraktivitas dan berkreativitas karena ibu-ibu itu banyak memiliki inovasi, serta jangan lupa untuk bersyukur di mana selalu pandai mengambil hikmah dari setiap musibah. (106)

Baca juga :  Diperas dan Diancam Oknum Polisi, Perempuan Muda Lapor Polisi

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini