Desa Adat Semarapura dan Polres Sosialisasi Prokes Lewat Bondres

Picsart 11 27 07.22.16
SOSIALISASI PROKES - Desa Adat Semarapura bersama Polres Klungkung, saat melakukan sosialisasi prokes melalui bondres dan seka santi keliling, Jumat (27/11/2020)

Semarapura, DENPOST.id

Desa Adat Semarapura bersinergi dengan Polres Klungkung melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) melalui bondres, Jumat (27/11/2020). Pendekatan secara budaya ini dinilai efektif dalam mensosialisasikan prokes guna mencegah penyebaran Covid-19 di Klungkung.

Selain itu, mereka juga rela hujan-hujanan demi mengajak warga Klungkung agar senantiasa taat menerapkan prokes. Sebab, hanya dengan taat pada prokes cara satu-satunya mencegah penyebaran virus yang pertama tersebar di Kota Wuhan, Tiongkok ini.

Baca juga :  Jelang Nyepi, Disdagperinkop UKM Buleleng Lakukan Ini

“Melalui pendekatan seni dan budaya ini (bondres dan seka santi), kami melihat lebih mengena dan pesan-pesan 3 M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) bisa sampai ke masyarakat,” ujar Bendesa Adat Semarapura, Wayan Budarsana.

Hal senada dikatakan Wakapolres Klungkung, Kompol Sindar Sinaga. Pihaknya yang ikut keliling ini menyambut positif sinergi yang dibangun Desa Adat Semarapura. Menurutnya, semua komponan masyarakat punya kewajiban ikut berperan aktif mensosialisasikan prokes sebagaimana imbauan pemerintah dalam menangkal penyebaran Covid-19.

Baca juga :  Jumat, 155 Orang Terpapar Covid-19 di Denpasar dan Dua Pasien Meninggal

“Saya harapkan desa adat yang lain bisa meniru atau melakukan hal serupa guna bersama-sama melakukan upaya mencegah penyebaran Covid-19,” pinta Sindar Sinaga

Sementara seniman bondres Buluh Emas, Made Puja Darsana sependapat sosilisasi prokes dikemas melalui budaya daerah, sehingga pesan-pesan yang disampaikan lebih cepat diterima di masyarakat. “Jangan selalu memvonis dan menyalahkan pemerintah. Mari kita jaga diri kita dan keluarga agar terhindar dari Covid-19, dengan disiplin jalankan prokes,” tandasnya. (119)

Baca juga :  Minggu, 14 Orang Terpapar Covid-19 dan Empat Pasien Meninggal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini