Pantai Samigita akan Dilengkapi WiFi Gratis

0
8
Picsart 11 28 10.38.30
TINJAU PANTAI - Kadis PUPR IB Surya Suamba bersama anggota DPRD Gusti Anom Gumanti dan Nyoman Graha Wicaksana meninjau kawasan Pantai di Kuta, Jumat (27/11/2020). 

Kuta, DENPOST.id

Serangkaian penataan Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita), Pemkab Badung melalui Dinas PUPR dan Dinas Kominfo melaksanakan rapat bersama anggota DPRD Badung dapil Kuta, Gusti Anom Gumanti dan Nyoman Graha Wicaksana. Rapat yang digelar pada Jumat (27/11/2020) itu juga dihadiri Camat Kuta, Nyoman Rudiarta, Lurah dan Bendesa Adat Seminyak, Legian, dan Kuta.

Kadis PUPR Badung, IB Surya Suamba menyampaikan, pembahasan penataan diawali dengan Detail Engineering Design (DED) yang dibuat masing masing desa adat, dan ditindaklanjuti dengan kompilasi. “Tadi pembahasan untuk mendapatkan umpan balik dan masukan masyarakat. Sebelum akhir Desember agar pembahasan ini sudah final. Untuk saat ini penyusunan DED sudah rampung 75 persen, sisanya kurang lagi 25 persen dalam hal menata tempat jualan bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga :  Sebelum Tewas di Toilet, Bule Australia Dua Kali Jalani Injeksi Obat

Ditambahkannya, semua fasilitas pendukung akan direvitalisasi mulai dari toilet, shower, jalan setapak hingga lampu hias. Kawasan ini juga akan dilengkapi kafe karena ada rencana Pantai Kuta akan beroperasi 24 jam.

Surya Suamba juga menambahkan, sesuai usulan pihak desa adat, di kawasan Pantai Samigita juga akan dibangun patung monumental yang akan dijadikan ikon dari masing-masing pantai. “Patung ini akan kita bangun di atas pedestalan setinggi 19 meter yang sekaligus kita fungsikan sebagai tsunami selter,” paparnya.

Baca juga :  Semprot Disinfektan di Areal Bandara, Komunitas Kerahkan Mobil Khusus

Sedangkan Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra mengatakan, dalam rangka mendukung penataan Pantai Samigita, pihaknya juga akan memasang WiFi gratis di masing-masing pantai untuk memberikan manfaat dan nilai lebih bagi pertumbuhan ekonomi. “Dalam penataan pantai ini kita berkolaborasi. Dinas PUPR yang melaksanakan pembangunan fisiknya, kami dari Kominfo melengkapinya dengan melakukan pemasangan Wifi gratis yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DRPD Badung Gusti Anom Gumanti berharap, pembangunannya bisa rampung tahun 2021. Karena penataan kawasan Pantai Seminyak, Legian dan Kuta untuk memantik dan mendorong kebangkitan ekonomi. “ Kita mulai penataan dari pantai karena di Kabupaten Badung pantai memiliki daya saing dan daya jual yang tinggi. Tentu pembangunan ini tidak parsial namun berkelanjutan, yang mana hasil penataan ini akan dikelola oleh desa adat itu sendiri,” terangnya.

Baca juga :  Bobol Minimarket, Kakak-Adik Panjat Tiang Gardu Listrik

Melalui restorasi bangunan infrastruktur pantai, akan meningkatkan citra wajah Pantai Seminyak, Legian dan Kuta.
“Ke depan pedagang tidak lagi berjualan secara konvensional dengan fasilitas yang seadanya namun akan dibuatkan tempat berjualan di mana bangunan menyesuaikan kondisi alam dengan memperbanyak  material kayu untuk menambah estetika. (a/113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini