Di Klungkung, Ada Hotel Dapat Hibah Rp16 Ribu

Picsart 11 28 03.00.57
HIBAH - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyerahkan dana hibah kepada pelaku industri pariwisata di objek wisata Klingking, Nusa Penida, Sabtu (28/11/2020).

Semarapura, DENPOST.id

Pemkab Klungkung telah mencairkan dana hibah pariwisata kepada pelaku usaha baik hotel maupun restoran secara bertahap. Sejauh ini, sudah ada 90 hotel dan 30 restoran yang menerima dana hibah pariwisata di Klungkung. Besaran dana hibah yang diberikan bervariasi. Ada yang mendapatkan dana hibah Rp 490 Juta hingga terendah Rp 16 ribu.

“Berdasarkan SK Bupati sudah ada 20 hibah yang dicairkan. Pemberian dana hibah dilakukan sesuai pajak yang dibayarkan tahun 2019,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, AA Putra Wedana, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Nusa Penida BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman) di Objek Wisata Klingking, Nusa Penida, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga :  Banyak Pemilik Hotel dan Restoran Minta Penundaan Bayar Ini

Menurut Putra Wedana, sumber dana hibah berasal dari Pemerintah Pusat. Dana hibah ini disalurkan ke APBD kabupaten dan diberikan kepada pelaku industri pariwisata yang terkena dampak pandemi covid-19. Jumlah dana hibah yang diterima Klungkung sebesar Rp 9,7 Miliar. Dari jumlah tersebut, 70 persen diberikan untuk pelaku industri pariwisata. Sedangkan sisanya untuk pemerintah daerah dalam program pemulihan ekonomi nasional.

“Dari total 800 hotel dan restoran, sebagian besar hotel dan retoran kecil yang belum mengurus. Mereka juga membutuhkan amggaran mempersiapkan hal ini. Dan, kami berikan waktu paling lambat batas pencairannya sampai 23 Desember,” katanya.

Baca juga :  RSUD Klungkung Rekrut Puluhan Tenaga Kontrak

Sementara informasi di Dinas Pariwisata Klungkung, hibah paling tinggi di Klungkung diterima restoran di Pulau Nusa Lembongan mencapai Rp 497.261.439. Sementara paling kecil diterima oleh sebuah hotel di Pulau Nusa Gede (Nusa Penida) yang hanya sebesar Rp16.543.

“Untuk hibah kecil maupun besar, tetap mengikuti prosedur pencairan. Kami tetap menyampaikan kepada calon penerima hibah untuk mencairkannya,” pungkasnya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini