Distan Denpasar Kembangkan Nenas Madu Subang

Picsart 11 29 12.46.03
NENAS MADU – Kadis Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putra bersama petani saat malakukan panen nenas madu di Subak Sembung, Minggu (29/11/2020).

Peguyangan, DENPOST.id

Tanaman komoditas hortikultura seperti buah nenas memiliki prospek cukup bagus dikembangkan di Kota Denpasar. Salah satunya buah nenas madu Subang berhasil dikembangkan di Subak Sembung, Peguyangan, Denut.

Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, I Gede Ambara Putera di sela-sela panen nenas madu subang di Subak Sembung, Minggu (29/11/2020) megatakan produksi nenas madu subang mencapai 31,6 ton per hektar. Produksi ini menggambarkan nenas madu bisa tumbuh dengan baik di persawahan di Denpasar. ”Bobot per buah nenas madu subang rata-rata 2,5 kg dan kualitas yang dihasilkan petani nenas madu di Subak Sembung memenuhi kriteria pasar supermarket,’’ kata Ambara Putra.

Baca juga :  Lagi dan lagi, Dua Pasien Covid-19 di Kota Denpasar Meninggal

Menurut Ambara Putra, nenas madu subang ini ditanaman di Subak Sembung sebagai pilot project (proyek percontohan) guna memberikan gambaran dan contoh kepada para petani untuk berani melakukan diversifikasi komoditas dengan nilai tambah yang lebih tinggi. Namun kelemahan yang ada masa panen nenas terlalu panjang mencapai satu tahun lebih, sehingga dalam penanamann diperlukan model penanaman tumpang sari dengan tanaman sayuran. ”Petani sambil menunggu panen nenas bisa mendapat hasil dari menanam sayuran umur panennya lebih pendek,’’ ujarnya.

”Untuk rasa buah nenas madu subang ini rasanya manis dengan kadar air yang banyak air,’’ jelasnya.

Baca juga :  Prokes Ketat, Melasti di Pantai Padanggalak Tak Libatkan Krama

Dia mengharapkan, ke depannya nenas madu subang dapat berkembang di Subak Sembung sebagai salah satu daya tarik agrowisata. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini