Ini Tips Ampuh Cegah Ular Masuk Rumah Saat Musim Hujan

0
11
Picsart 11 29 08.34.34
Seorang penari sekaligus pawang ular, Astrid.

Kesiman Kertalangu, DENPOST.id

Astrid, seorang penari sekaligus pawang ular membenarkan bahwa musim penghujan memicu ular untuk keluar kandang. Situasi ini, umumnya akan ditandai fenomena ular masuk rumah. Dia mengatakan hal itu patut diwaspadai di pemukiman warga yang dekat dengan sawah, sungai dan juga semak.

“Sekarang (musim penghujan-red) memang musim ular bertelor dan beranak. Waktu ini, saya dan temen-temen dimintai tolong di Tabanan karena ada king kobra masuk ke rumah,” ujarnya ditemui usai memberi edukasi mengenai ular di Kebon Vintage Cars, Kesiman Kertalangu, Dentim, Minggu (29/11/2020).

Baca juga :  Kembali, 2 Orang Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

Dia mengakui masih banyak masyarakat yang awam tentang ular dan penanganannya. Saat itu, ada sejumlah tips yang dia sampaikan untuk mencegah ular masuk rumah. Pertama, menjaga rumah tetap bersih dan tidak berbau amis. Masyarakat diminta untuk menjaga rumah tetap harum dengan deterjen.
Bisa dengan rajin mengepel lantai dengan deterjen. Sebab menurutnya ular cenderung menyukai tempat-tempat yang berbau apek dan amis. Tips kedua, hindari tumpukan barang di ruangan pengap. Penari ular asal Tabanan ini menyebutkan ular suka dengan ruangan pengap, apalagi banyak barang bertumpuk.

Baca juga :  Wartawan Diperiksa, Ulah Oknum Mafia Tanah Mulai Terkuak

Itu sebabnya banyak ular ditemukan di gudang dan di sela barang-barang tertumpuk. Tips ketiga, jangan gunakan garam untuk mengusir ular. Dia menegaskan cara itu merupakan mitos. Ketika ular masuk rumah, dia menyarankan agar warga jangan panik. Panggil pawang maupun petugas yang menangani.

“Jangan panik. Kalau ketemu ular usir dia. Tapi kalau sudah terlanjur dibunuh, menurut kepercayaan Hindu di Bali, silakan dipersembahkan sajen berupa segehan untuk mendoakan jiwa ular itu berjalan dengan baik, sekaligus meminta maaf,” ungkapnya.

Baca juga :  Dalam Masa Karantina, Warga Kupang Diciduk Satpol PP Klungkung

Dia juga berbagi tips jika seseorang terpatuk ular. Kata dia, ketika dipatuk ular berbisa maupun tidak berbisa usahakan tetap tenang. Mengendalikan emosi akan mampu mengendalikan detak jantung agar tidak berlebihan. Sebab, kata dia, kepanikan itu memicu detak jantung yang kencang, sehingga berpotensi pecah pembuluh darah. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini