Satpol PP Maksimalkan Peran Duta Perubahan Perilaku

0
6
Satpol PP Maksimalkan Peran Duta Perubahan Perilaku
DIBINA - Satpol PP Kota Denpasar membidan dan memberikan edukasi cara memakai masker yang benar kepada salah seorang masyarakat saat razia prokes di perempatan Jl. Hang Tuah-Jl. Sedap Malam-Jl. Tukad Nyali, Rabu (2/12/2020).

Sanur, DENPOST.id

Tak hanya menggelar razia disiplin penerapan protokol kesehatan (prokes), Satpol PP Kota Denpasar juga menggencarkan sosialisasi dan edukasi prokes. Kepala Satpol PP Kota Denpasar, Dewa Anom Sayoga, mengungkapkan, edukasi dilakukan dalam berbagai kemasan.  Seperti wawancara langsung dari pintu ke pintu melalui tim Satpol PP yang tergabung dalam Duta Perubahan Prilaku.

Tak mengenal libur, tim tersebut rutin mengedukasi setiap masyarakat yang dijumpai. “Sosialisasi yang diberikan mulai dari tata cara menerapkan 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak), hingga cara menjaga daya tahan tubuh. Semua kami sampaikan, agar masyarakat semakin terbiasa dengan prokes, sehingga bisa terhindar dari penularan virus corona,” paparnya, Rabu (2/12/2020).

Baca juga :  Ayah Jerinx Ajukan Penangguhan Penahanan

Lebih lanjut dikatakan, petugas juga rutin menyampaikan informasi dengan mobil patroli menyasar pasar-pasar, tempat ruang terbuka hijau dan tempat keramaian lain. ”Sidak prokes yang kami lakukan merupakan jalan terakhir untuk mendisiplin masyarakat yang wilayahnya masuk zona oranye. Apa yang dilakukan ini perlu didukung dengan penerapan prokes secara disiplin,’’ tegasnya.

Dikatakan pula, Satpol PP juga membagikan masker, melakukan pengecekan suhu tubuh dan menyemprotkan disinfektan di areal pasar guna mencegah klaster baru. ”Kita tidak mengenal hari libur melakukan edukasi agar masyarakat sadar dan tidak terlena dengan bahaya penularan virus corona. Kalau terus-menerus diberikan pemahaman maka masyarakat disiplin menerapkan prokes untuk menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga maupun orang lain,’’ tandasnya. (111)

Baca juga :  5 Kasus Positif Covid-19 Bertambah di Denpasar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini