Kasus Covid-19 Melandai, Klungkung Masuk Zona Ini

0
6
Picsart 12 02 08.11.35
SANKSI - Tim Satgas Covid-19 Klungkung, saat memberikan sanksi push up bagi warga yang melanggar prokes.

Semarapura, DENPOST.id

Setelah sebelumnya masuk zona orange, Klungkung kini telah turun menjadi zona kuning Covid-19. Penurunan status Klungkung menjadi zona kuning atau daerah dengan resiko rendah ini terjadi karena kasus Covid-19 di Klungkung sudah melandai.

Penurunan status ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Klungkung, dr. Made Adi Swapatni, Rabu (2/12/2020).

Menurut dr. adi Swapatni, penetapan status tersebut dilakukan BNPB berdasarkan evaluasi perkembangan jumlah kasus Covid-19, di masing-masing daerah setiap dua Minggu sekali.

Baca juga :  Lima Pengedar Pil “Y” di Klungkung Ditangkap

“Untuk sementara Kabupaten Klungkung sudah kuning sejak dua hari lalu. Indikatornya tergantung pada jumlah kasus. Kalaupun ada penambahan, tapi jumlahnya menurun dari hari-hari sebelumnya. Sementara angka kesembuhan terus meningkat. Kemudian dari tracing (pelacakan kontak) juga. Itu sudah ada sistemnya, BNPB pusat yang tentukan dari laporan-laporan yang kita kirim,” ujarnya.

Meskipun sudah berganti status, dr. Swapatni menegaskan, masyarakat dan juga tenaga medis tidak boleh lengah. Prokes wajib diterapkan dengan taat. Kemudian pihak rumah sakit juga tetap siaga dan menyiapkan ruang-ruang isolasi. Swab test (uji usap) tetap dilakukan demikian juga dengan tracing di masyarakat. Mengingat, penetapan status daerah terkait Covid-19 ini hanya bersifat sementara.

Baca juga :  Langgar Aturan, Proyek Pabrik Garam di Kusamba Distop

Hal senada disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga sebagai Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Klungkung. Menurut Suwirta, status daerah terkait Covid-19, sewaktu-waktu bisa berubah. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan prokes. Bupati Suwirta juga memberi sorotan khusus bagi masyarakat di Kecamatan Nusa Penida. Diapun mengimbau agar warga setempat harus menaati prokes jika ingin wisatawan berkunjung kembali ke Nusa Penida di masa pandemi seperti sekarang ini. (119)

Baca juga :  Bale Piasan Pura Paibon Arya Wang Bang Pinatih Terbakar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini