Memudar Karena Pariwisata, Pesona Rumput Laut Kutuh Dibangkitkan

0
5
Memudar Karena Pariwisata, Pesona Rumput Laut Kutuh Dibangkitkan
RUMPUT LAUT - Kepala Dinas Perikanan Badung, I Nyoman Suardana, saat mendengarkan penjelasan pemanfaatan alat olah rumput laut di sela-sela serah terima Unit Produksi Pangan Rumput Laut dari BPPT.

Kutsel, DENPOST.id

Perkembangan sektor pariwisata di Kutuh ternyata telah menggerus pertanian rumput laut yang sebelumnya menjadi andalan warga. Untuk membangkitkan kembali sektor ini, Pemkab Badung bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Bali akan menggeliatkan kembali pertanian rumput laut. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, I Nyoman Suardana, saat menerima hibah paket alat proses produksi pangan rumput laut dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), melalui Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) dan Biro Umum, Rabu (2/12/2020).

Suardana menerangkan, kegiatan tersebut merupakan kerjasama dari Dinas Perikanan Kabupaten Badung dengan pihak BPPT. Melalui kegiatan tersebut pihaknya berharap dapat membangkitkan kembali sektor pertanian rumput laut di Kabupaten Badung. Desa Kutuh dulunya merupakan salah satu pusat dari penghasil rumput laut di Badung, karena mampu memproduksi hingga 600 ton rumput laut per tahun dengan kualitas paling bagus. Namun hal itu memudar seiring geliat perkembangan pariwisata di Pantai Pandawa. “Mari kita kembangkan sektor rumput laut dan kembangkan pariwisata. Ke depan kami ingin di Kutuh ini menjadi pariwisata berbasis rumput laut. Di mana pariwisata kita harap ikut menyerap hasil olahan rumput laut ini,” katanya.

Baca juga :  Adi Arnawa, Kadis dan Komponen Adat Bahas Ini

Suardana juga berharap agar kelompok KWT Mertha Nadi dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan baik dan sampai selesai, sehingga dapat dipergunakan secara maksimal. Ke depan pihaknya juga akan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja serta dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, terkait pengolahan dan pemasaran produk yang dihasilkan tersebut. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini