Jaga Inflasi, Stimulus Mesti Berkelanjutan

Jaga Inflasi, Stimulus Mesti Berkelanjutan
Prof. Dr. I Wayan Ramantha.

Dauh Puri, DENPOST.id

Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali merilis bahwa inflasi Bali menyentuh 0,22 persen pada periode November 2020. Perkembangan ini setelah selama enam bulan mengalami deflasi. Inflasi pertama selama pandemi ini dipandang inflasi normal oleh pengamat ekonomi, Prof. Dr. I Wayan Ramantha.

Ditemui Rabu (2/12/2020) lalu, Akademisi Universitas Udayana menilai capaian ini menandakan meningkatnya minat belanja masyarakat di tengah pandemi Covid-19. “Itu merupakan perkembangan bahwa konsumsi masyarakat sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya,” terangnya.

Baca juga :  Grup Astra Bali dan Banjar Tegeh Sari Perpanjang MoU Kampung Berseri Astra

Pengamatannya, fenomena itu dipengaruhi pendapatan masyarakat yang berangsur normal, yang sekaligus menandakan kemajuan geliat ekonomi di Bali. Sekurang-kurangnya meningkat dari sisi konsumsi makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat.

Namun begitu, kondisi tersebut menurutnya juga harus dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi Bali, menurutnya kondisi ini mesti disokong oleh Pemerintah Provinsi Bali dengan menyalurkan stimulus kepada sektor industri dan perdagangan.

Baca juga :  Banyu Pinaruh, Pengunjung Pantai Matahari Terbit Wajib "Rapid Antigen"

Dengan skema begitu, sektor industri dan perdagangan dapat memproduksi barang secara lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Ini juga membantu Bali menekan pertumbuhan ekonomi yang negative, sehingga harga barang stabil dan inflasi tidak melebihi batas kenormalannya,” kata Ramantha.

Tentang resesi, dia menilai inflasi periode November belum bisa disebut menyelamatkan Bali dari resesi. Prediksi bisa dilakukan setelah inflasi konsisten dan stabil. “Menuju ke arah hilang dari resesi, kita berani mengatakan demikian,” pungkasnya. (106)

Baca juga :  Bekuk Penyalahguna Narkoba, Polisi Malah Temukan Pistol

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini