Basmi Hama Tikus, Pemkab Gianyar Lepas Burung Hantu

0
7
Picsart 12 04 08.12.29
LEPAS BURUNG - Bupati Gianyar, I Made Mahayastra saat melepas burung jenis Titp Alba di Kawasan Subak Taro Kelod, Tegallalang, Gianyar, Jumat ( 4/12/2020).

Gianyar, DENPOST.id

Merespon keluhan petani di Kabupaten Gianyar terkait hama tikus yang menyerang tanaman padi milik petani, Bupati Gianyar, I Made Mahayastra mendorong pengendalian hama dengan menghidupkan kembali siklus rantai makanan.

Untuk menghidupkan mata rantai makanan, Bupati Mahayastra melepas delapan ekor burung jenis Tito Alba.
“Yang paling aman dan bisa dilakukan untuk mengendalikan hama tikus, yaitu dengan menjalankan kembali rantai makanan. Setelah saya pelajari ternyata burung hantu jenis Tito Alba mampu memangsa 20 ekor tikus per harinya,” ujar Mahayastra, saat melepaskan burung hantu di Kawasan Subak Taro Kelod, Tegallalang, Gianyar, Jumat ( 4/12/2020).

Baca juga :  Kasus Adat di Desa Adat Jero Kuta Pejeng, Puluhan Warga Datangi Kantor Ini

Bupati Mahayastra menekankan tentang pentingnya menjaga lingkungan dalam arti yang luas, seperti tanaman, saluran  air dan semua satwa yang ada. Karena jika salah satu saja yang hilang dalam siklus rantai makanan tersebut maka akan menjadi bencana. “Maka dari itu saya tekankan pentingnya menjaga ekosistem atau lingkungan, jangan ada yang memburu dan membasmi burung,” harap bupati asal Payangan ini.

Dikatakan, burung hantu jenis Tito Alba yang dilepas di Subak Taro Kelod berjenis kelamin jantan dan betina masing-masing dua ekor. Mahayastra juga melepas dua ekor burung hatu di Subak Tegalampit dan dua ekor burung hantu di Subak Tempekan Kelod Sema Payangan. Dengan harapan burung dapat memangsa tikus, serta berkembang biak dengan baik nantinya menjaga siklus rantai makanan.

Baca juga :  Bantu Seniman Tua, Komunitas Ini Rogoh Kas Pementasan

“Kalau ini bisa dikembangkan saya yakin siklus rantai makanan akan terjaga,  tidak sampai tikus menggerogoti pertanian. Walaupun ada itupun dalam toleransi wajar,” imbuhnya. (116)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini