Awasi Politik Uang di Masa Tenang, Bawaslu Bangli Gelar Ini

Picsart 12 06 03.13.04
APEL SIAGA - Apel siaga kesiapan patroli di masa tenang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020, di Kantor Bawaslu Kabupaten Bangli, Minggu (6/12/2020).

Bangli, DENPOST.id

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangli melaksanakan apel siaga kesiapan patroli di masa tenang pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangli Tahun 2020, di Kantor Bawaslu Kabupaten Bangli, Minggu (6/12/2020).

Apel siaga yang dipimpin Anggota Bawaslu Kabupaten Bangli I Nengah Muliarta diikuti jajaran Bawaslu Kabupaten Bangli hingga tingkat kecamatan, Bawaslu Provinsi Bali, Polres Bangli, Kodim 1626/Bangli, serta Satpol PP Kabupaten Bangli.

Dalam sambutannya, Nengah Muliarta mengatakan,m Bawaslu Kabupaten Bangli mulai hari ini (Minggu-red) hingga Selasa, 8 Desember 2020 melakukan patroli pengawasan anti politik uang selama tahapan masa tenang Pilkada 2020, di Kabupaten Bangli. Patroli dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya praktek politik uang terutama untuk mempengaruhi kecenderungan pilihan pemilih.

Dalam melakukan patroli, Bawaslu juga melibatkan kepolisian. Anggota polisi turut turun bersama pengawas pemilu untuk memastikan tidak ada tindak pidana pemilihan itu. “Patroli pengawasan dilakukan untuk memastikan masa tenang bebas dari kegiatan politik yang berpotensi memengaruhi preferensi pemilih pada pemungutan suara Pilkada 2020 di Kabupaten Bangli, di antaranya adalah kemungkinan masih adanya alat peraga atau bahan kampanye yang belum dibersihkan dan terlebih praktik politik uang,” kata Muliarta.

Baca juga :  Insentif PKM di Denpasar Belum Cair  

Selain itu, lanjut Muliarta, patroli pengawasan dilakukan untuk memastikan pemilih memahami dan menegakkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penularan Covid-19 pada saat pemungutan suara. Dalam patroli itu juga, Bawaslu akan memastikan distribusi perlengkapan pemungutan suara (logistik) di TPS telah terlaksana sesuai dengan prosedur. Di samping itu, pengawas pemilu pun akan memastikan kesiapan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap) oleh jajaran KPU.

Baca juga :  Puluhan Rumah Diterjang Angin Puting Beliung di Yehkuning

Patroli pengawasan, imbuhnya, telah dilaksanakan sejak penyelenggaraan Pilkada 2018. Program ini diketahui menekan angka praktik politik uang untuk mempengaruhi keterpilihan pemilih menjelang pemungutan suara. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini