Tumpek Kandang, Aneka Satwa “Natab Banten”

0
6
Picsart 12 06 08.09.47
NATAB BANTEN - Sejumlah satwa Bali Safari dan Marina Park saat natab banten yang didampingi para pawang dan perawat pada rahina tumpek kandang, Sabtu (5/12/2020).

Gianyar, DENPOST.id

Aneka satwa, hewan, binatang milik Bali Safari Park dan Marina Park Gianyar natab banten tumpek kandang, Sabtu (5/12/2020). Satwa itu, seperti ular, orangutan, sapi, babi, ayam, bebek, anjing, burung dan jenis satwa lainnya digendong perawat atau pawang satwa.

Tanpa berontak, satwa-satwa ini tetap tenang selama prosesi upacara berlangsung. Aneka satwa ini juga diperciki tirta dan dilekatkan bija pada kening mereka. Dalam situasi pandemi, prosesi natab banten tumpek kandang menerapkan protokol kesehatan (prokes)  Covid-19, sesuai aturan pemerintah.

Baca juga :  Pemkab Gianyar Salurkan Bantuan ke Sekolah PAUD/TK

General Manager Bali Safari Park, Thomas Colbert, Minggu (6/12/2020)  menjelaskan upacara ini rutin dilaksanakan setiap tumpek kandang yang datang setiap 210 hari sekali sesuai perhitungan kalender Bali. “Kami mencoba untuk menonjolkan tradisi atau budaya Bali, termasuk salah satunya adalah tumpek kandang. Oleh sebab itu, Bali Safari Park ikut merayakan tradisi ini setiap enam bulan sekali bersama satwa-satwa yang ada. Ini juga menjadi bentuk terima kasih kami atas kehadiran aneka jenis satwa di Bali Safari Park,” katanya.

Baca juga :  Masih Ada Warga Kenakan Masker Tidak Benar

Dikatakan, pada perayaan tumpek kandang kali ini, beberapa satwa yang ikut dalam prosesi acara adalah orangutan, ular, iguana dan aneka jenis burung. Mereka sengaja diberi percikan air suci, serta didoakan agar tetap lestari hingga waktu-waktu mendatang. Satwa-satwa ini didampingi lima keeper (perawat satwa). Mereka tetap menerapkan jaga jarak antara sesama. Kendati begitu, prosesi berjalan dengan cukup lancar dan khusyuk. (116)

Baca juga :  Bale Peselang di Pura Desa Mas Ludes Terbakar

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini